Friday, July 19, 2024
BerandaBerita UtamaAnies Berharap Partisipasi Masyarakat Sadar Sampah di Jakarta Terus Meningkat

Anies Berharap Partisipasi Masyarakat Sadar Sampah di Jakarta Terus Meningkat

progresifjaya.id, JAKARTA, – Kegiatan kerja bakti dalam rangkaian PGJSS (Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah) yang dilakukan ratusan warga dari berbagai lapisan masyarakat di wilayah RT 15,17/RW 06, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan mendapat apresiasi langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Sabtu (25/6/2022).

Gubernur yang didampingi Ketua TP PKK Prov DKI Jakarta, Ny. Fery Farhati Ganis, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Khoirudin, dan Walikota Kota Administrasi Jakarta, Munjirin serta Ketua TP PKK Kota Jakarta Selatan, Ny. Essie Ferantie, menyampaikan apresiasi atas kekompakan warga dalam melaksakan kerja bakti,  seluruh elemen masyaakat turun tangan membersihkan lingkungan, mulai dari pembersihan gorong-gorong, program pengelolaan minyak jelantah, pemanfaatan bank sampah oleh anak-anak muda, serta pembuatan mural untuk membuat suasana kampung lebih indah.

“Jadi, kami mendatangi warga yang melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, ini ada beberapa aspek yang kita apresiasi bersama. Pertama, tentang kebersihan lingkungan tersendiri, bagaimana kita semua ambil tanggung jawab bahwa kebersihan lingkungan amat tergantung kepada kita,” tutur, Anies

Warga saat Kerja Bakti membersihkan got ditinjau langsung Gubernur dan Walikota. (Ist)

Menurutnya, selain memiliki dampak lingkungan, kerja bakti juga memiliki dampak sosial di mana akan memperkuat komunikasi dan ikatan silaturahmi antarwarga.

“Kedua, kerja bakti itu membuat interaksi antar warga, kita ketahui di Jakarta dengan segala macam kesibukan maka ruang interaksi itu terbatas, dan dengan kerja bakti seperti ini adalah kesempatan untuk menjaga keakraban antarwarga dan harapannya masyarakat guyub,”.

Anies berharap agar gerakan Jakarta Sadar Sampah dapat diteruskan dan ditingkatkan partisipasinya, sehingga menjadi media kampanye untuk mengurangi, memilah, dan mengolah sampah.

“Harapannya, Gerakan Jakarta Sadar Sampah ini diteruskan dan masyarakat semakin terbangun kesadarannya untuk mulai mengurangi, memilah dan mengolah sampah. Dan itu sudah dikerjakan saat ini, tinggal ditingkatkan lagi,” imbuhnya.

Sumber: PPID DKI Jakarta

Penulis/Editor: Asep Sofyan Affand.

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru