Monday, June 24, 2024
BerandaNusantaraKesbangpol Lebak Gelar Deteksi Kewaspadaan Dini untuk Sukseskan Pemilu 2024 Aman

Kesbangpol Lebak Gelar Deteksi Kewaspadaan Dini untuk Sukseskan Pemilu 2024 Aman

progreaifjaya.id, LEBAK – Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lebak menggelar deteksi kewaspadaan dini untuk mensukseskan dan mendukung pemilihan umum (Pemilu) 2024 aman dan kondusif.

“Kita berharap Pemilu 2024 aman, damai dan kondusif,” kata Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Lebak Sukanta Selasa (23/5/2023).

Penyelenggaraan deteksi kewaspadaan dini dihadiri puluhan peserta yang melibatkan stokholder (pemangku kebijakan), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kewaspadaan Dini Daerah (FKDD), Babinsa Kodim 0603,Intel Polres Lebak dan Organisasi Islam, seperti Muhammadiyah, NU, MA dan Persis.

Kegiatan deteksi kewaspadaan dini tersebut bertujuan untuk menciptakan kondisi aman, damai di masyarakat menghadapi  tahun politik dengan  melaksanakan pemilihan presiden dan wakilnya juga legislatif pusat serta daerah.

Dengan demikian, pihaknya berharap stokholder, FKDM, FKDD, Babinsa Kodim 0603,Intel Polres dan Organisasi Islam bersinergi untuk pencegahan gangguan keamanan sejak dini diharapkan tidak terjadi di daerah itu.

“Kita berharap semua elemen itu lebih baik pencegahan melalui deteksi kewaspadaan dini agar bangsa ini tidak terpecah belah,” ujarnya.

Menurut Sukanta, deteksi kewaspadaan dini dinilai lebih efektif untuk pencegahan gangguan keamanan, premanisme, terorisme dan radikalisme agar tidak menimbulkan kegaduhan maupun perpecahan bangsa.

Karena itu, elemen masyarakat dan stokholder jika ditemukan persoalan dan permasalahan yang berkembang terjadi di daerahnya maka segera melaporkan ke aparat penegak hukum.

Dimana  aparat hukum itu nantinya bisa melakukan penyelidikan dan mencari akar permasalahan yang terjadi agar bisa diselesaikan dan didamaikan.

Namun, sebaliknya jika tidak bisa diselesaikan terpaksa melakukan proses hukum.

“Kita harapkan deteksi kewaspadaan dini itu harus optimal sehingga bisa mencegah persoalan gangguan dan keamanan menghadapi Pemilu 2024,” jelasnya.

Begitu juga Kapasiter Kodim 0603 Lebak Kapten INF Paino menegaskan untuk deteksi kewaspadaan dini pihaknya memiliki anggota Babinsa Desa dan jika menemukan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat bisa melaporkan ke Kodim untuk melakukan pencegahan.

“Kita memiliki anggota Babinsa di seluruh desa sehingga mampu melakukan pencegahan dini,”tuturnya.

Sementara itu, anggota FKDM Deni Setiawan mengatakan pihaknya sejauh ini pengetahuan masyarakat tentang bela negara dan wawasan kebangsaan masyarakat masih rendah sehingga berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

Karena itu, pihaknya nanti bersama instansi terkait dan stokholder untuk melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar kepada masyarakat agar cinta tanah air, seperti UU 45, ideologi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Saya kira empat pilar itu harga mati agar bangsa ini kuat untuk kemajuan bangsa dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan,” pungkasnya. (R. Rencong)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru