Saturday, May 25, 2024
BerandaBerita UtamaKlaim Arus Mudik Berjalan Lancar, Muhadjir Sebut Penanganan Arus Balik Lebih Menantang

Klaim Arus Mudik Berjalan Lancar, Muhadjir Sebut Penanganan Arus Balik Lebih Menantang

progresifjaya.id, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, penanganan arus mudik tahun 2024 berlangsung lancar.

Menurut Muhadjir, seluruh skema yang disiapkan pemerintah dinilai cukup berhasil menangani lonjakan pemudik yang besar.

.”Berdasarkan hasil evaluasi, secara umum penanganan mudik tahun ini lancar,” ujar Muhadjir usai Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Lebaran 2024, di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (11/4/2024), dikutip dari siaran pers.

Salah satu indikator keberhasilan penanganan mudik 2024, kata Muhadjir, adalah menurunnya tingkat kecelakaan lalu lintas dibandingkan tahun sebelumnya.

Terlebih, pemerintah juga menargetkan pada mudik tahun ini agar nol kecelakaan atau zero accident.

“Ini indikator utama kita, sesuai dengan tema mudik tahun ini, yaitu ‘Mudik Ceria Penuh Makna.’ Target kita sebetulnya idealnya adalah zero accident. Semakin mendekati zero semakin bagus,” kata dia.

Di sisi lain, Muhadjir mengatakan, penangan arus balik Lebaran 2024 lebih menantang.

Hal itu karena meningkatnya jumlah masyarakat yang akan memasuki wilayah Jakarta dan sekitarnya. Terutama dari arah Jawa Tengah dan Timur.

“Karena kalau berangkat mudik itu pergerakannya sentrifugal menyebar. Itu relatif mudah. Ketika balik itu sentripetal. Semua mengerucut ke satu titik, yaitu Jakarta dan sekitarnya,” kata Muhadjir.

Oleh karena itu, pihaknya juga akan menerapkan siasat khusus untuk menangani arus balik.

“Terutama dalam peningkatan layanan di jalan tol dan juga akan dilakukan skema arus lalu lintas supaya tidak terjadi hambatan dan penumpukan kendaraan,” kata dia. (Ndy)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru