Friday, July 19, 2024
BerandaBerita UtamaKross Lelah, Jerman Kalah

Kross Lelah, Jerman Kalah

progresifjaya.id, JAKARTA – Toni Kroos gagal mempersembahkan gelar buat Jerman di musim terakhirnya sebagai pesepakbola.

Kroos memang telah menetapkan bakal pensiun usai Euro 2024. Harapannya, ia bisa gantung sepatu dengan raihan trofi bersama timnas Jerman.

Namun, apa mau dikata, Kroos gagal mengantar Jerman menapak lebih jauh dari perempat final Euro 2024.

Kross harus menutup karier sepak bolanya tanpa trofi juara Euro 2024. Pada laga terakhirnya sebagai pesepak bola, Kroos harus melihat Jerman kalah dari Spanyol.

Kroos tampil sebagai starter dalam laga perempat final Euro 2024 antara Spanyol vs Jerman di Stuttgart Arena, Jumat (5/7/2024).

Namun dalam penampilannya, terlihat kaki- kaki Kross sudah mulai lelah. Tak ada umpan – umpan datar terukur yang membelah pertahanan lawan dan umpan lambung jauh.

Jerman takluk 1-2 dari Spanyol pada perempat final Euro 2024. Spanyol memastikan kemenangan via tandukan Mikel Merino pada babak kedua masa tambahan waktu, persisnya menit ke-119. Sebelumnya, kedua tim berbagi skor imbang 1-1 dalam 90 menit sehingga duel harus berlanjut sampai extra time.

Bahkan gol pertama bisa dibilang kelihatan lelah kaki Kross yang membuat Dani Olmon leluasa menusuk dari tengah sehingga tercipta gol pertama.

Spanyol memimpin lebih dahulu via sepakan Dani Olmo (51′), sebelum kemudian disamakan oleh Florian Wirtz (89′).

Jalannya Laga

Jerman yang berstatus sebagai tuan rumah Piala Eropa 2024, tertinggal 0-1 lebih dahulu dari Spanyol. Sepakan terukur Dani Olmo (51′), memanfaatkan operan Lamine Yamal dari sisi kanan penyerangan mengantar Spanyol memimpin.

Hal yang menarik, Dani Olmo masuk lapangan karena gelandang Spanyol, Pedri, mengalami cedera pada babak pertama.

Pedri ditarik keluar pada menit kedelapan karena merasakan sakit pada lututnya. Sebelum itu, Pedri menerima ganjalan cukup keras dari Toni Kroos pada menit keempat.

Kroos terlambat menyetop lesatan Pedri yang 13 tahun lebih muda darinya.

Spanyol terus bisa menjaga keunggulan sampai penghujung babak kedua. Ketika kekalahan tampak sudah sangat dekat, Jerman mampu menemukan angin segar via gol pemain pengganti Florian Wirtz (89′)

Wirtz menyamakan kedudukan menjadi 1-1 sekaligus memaksakan laga lanjut ke extra time setelah memotong sontekan via kepala Joshua Kimmich.

Pada babak pertama tambahan waktu, Spanyol nyaris saja memulihkan keunggulan andai sepakan kaki kiri Mikel Oyarzabal tak menyamping tipis dari gawang Manuel Neuer.

Tak lama berselang, giliran Jerman mengancam. Florian Wirtz nyaris mencetak gol keduanya. Akan tetapi, sepakannya pada menit ke-105+1 masih melebar.

Awal babak kedua extra time diawali dengan momen Marc Cucurella yang sekilas tampak menghentikan bola dengan tangannya di area kotak penalti Spanyol.

Namun, setelah berkomunikasi dengan wasit di ruang VAR, sang pengadil asal Inggris, Anthony Taylor, memutuskan tidak ada yang salah dengan blok Cucurella.

Laga berlanjut dan Niclas Fuellkrug kembali mengancam gawang Spanyol pada menit ke-109. Sepakannya itu hanya menggetarkan jala samping gawang La Roja (Si Merah), julukan Spanyol.

Oyarzabal punya kans lagi tujuh menit sebelum babak kedua extra time berakhir. Cuma, lagi-lagi sepakannya masih melebar.

Kepanikan terjadi di lini belakang Spanyol pada menit ke-117 saat Nacho yang berupaya menghalau operan silang, justru mengarahkan bola ke gawangnya sendiri. Beruntung bagi Spanyol, sang kiper Unai Simon sigap melakukan penyelamatan.

Spanyol akhirnya mengunci kemenangan via tandukan Mikel Merino pada menit ke-119. Melalui ayunan kepalanya, Merino mampu menjangkau operan silang akurat dari Dani Olmo.

Spanyol tetap bisa mempertahankan keunggulan meski pada menit ke-120+6 mereka harus kehilangan Dani Carvajal yang mendapatkan kartu kuning kedua usai menggondeli Jamal Musiala.

Spanyol: 23-Simon; 2-Carvajal, 3-Le Normand (4-Nacho 46’), 14-Laporte, 24-Cucurella; 20-Gonzalez, 16-Rodri, 8-Ruiz (9-Joselu 102′); 19-Lamine Yamal (11-Torres 63′), 7-Morata (21-Oyarzabal 80’), 17-Williams (6-Merino 80’).

Pelatih: Luis De La Fuente.

Jerman: 1-Neuer; 6-Kimmich, 2-Ruediger, 4-Tah (13-Mueller 80’), 3-Raum (18-Mittelstadt 57’); 25-Can (23-Andrich 46’), 8-Kroos; 19-Sane (17-Wirtz 46’), 21-Guendogan (9-Fuellkrug 57’), 10-Musiala; 7-Havertz (16-Anton 91′).

Pelatih: Julian Nagelsmann.

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru