Wednesday, May 29, 2024
BerandaNusantaraKUA Kabupaten Cianjur Adakan Bimbingan Manasik Haji untuk Tiap Kecamatan

KUA Kabupaten Cianjur Adakan Bimbingan Manasik Haji untuk Tiap Kecamatan

progresifjaya.id, CIANJUR – Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Cianjur mengadakan bimbingan manasik haji per kecamatan untuk para calon jemaah haji regular tahun 2024 di Aula Gedung Dakwah, Jalan Raya Bandung No. 108-B, Bojong, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur, Sabtu (27/04/2024).

Diketahui, kegiatan bimbingan manasik haji ini dilaksanakan selama 3 hari, yang mana acara ini dimulai pada Kamis, 25 April 2024, sampai hari ini. Kepala KUA Karang Tengah, H. Irwan Juandi mengatakan bahwa jumlah calon jemaah haji sebanyak 180 orang di masing-masing kecamatan.

“Alhamdulillah hari ini adalah hari terakhir atau kegiatan terakhir. Kita Kecamatan Cianjur dan Kecamatan Karang Tengah melaksanakan kegiatan manasik haji per kecamatan dan sesuai dengan regulasi bahwa kita melaksanakan sebanyak 6 jpl,” ujarnya.

Menurut H. Irwan, selanjutnya mungkin ini akan ditindaklanjuti atau dilanjutkan lagi di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing.

“Jadi kalau di sini pematerinya diundang, dan kalau di KBIH, pihaknya yang akan datang ke sana sebagai pemateri,” jelasnya.

Adapun untuk pemberangkatan, dirinya menunggu dari Kasie PHU, karena terlalu dini kalau seandainya mengetahui jadwalnya. Kata dia, semua kewenangannya nanti berada di seksi PHU.

Ketika ditanyakan tentang kendala yang ada, ia pun menjelaskan, bahwa bilamana ada kendala, masih bisa diatasi. Misalkan, calon jemaah haji yang pindah rumah.

Calon jemaah haji Kabupaten Cianjur mengikuti bimbingan manasik haji

“Si A saat mendaftar di Desa A, tetapi sekarang sudah pindah ke Desa B, alhamdulillah dengan adanya nomor kontak, kita bisa komunikasi dan Insya Allah sudah kita akomodir semua. Dan untuk calon jemaah haji yang meninggal dunia, ada yang diwakili, ada juga yang sudah dihibahkan atau dicabut kembali,” jelasnya.

Sementara itu, calon jemaah haji, Rahmat menambahkan bahwa dirinya sangat bersyukur bisa berangkat pada tahun ini, karena semuanya itu sudah ditunggu selama 10 tahun.

“Alhamdulillah tahun ini saya bersama istri saya bisa berangkat. Kami sudah menunggu lama untuk keberangkatan ini, karena harus mengumpulkan uangnya terlebih dahulu, maka dari itu saya sangat senang sekali,” tambahnya. (Firman Muliadi)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru