Thursday, June 13, 2024
BerandaKesehatanLaunching Bedah Rumah Dhuafa dan Pasien Tuberkolosis, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany...

Launching Bedah Rumah Dhuafa dan Pasien Tuberkolosis, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma: Aksi Nyata Lakukan Langkah Kongkrit Penanganan TBC

progresifjaya.id, JAKARTA – Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama Ketua Baznas (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta KH. Ahmad Abubakar dan Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Dr. Rismarini meluncurkan program Bedah Rumah Dhuafa dan Bedah Rumah Pasien Tuberkolosis (TB) dalam rangka memperingati Hari Tuberkolosis Sedunia yang jatuh setiap tanggal 24 Maret degan tema “Gerakan Indonesia Akhiri TBC” di Jalan Cempaka Putih Barat XI RT. 01/02 Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (24/3).

Kasudin Kesehatan Dr. Rismarini menyebutkan Hari Tuberkolosis Sedunia jatuh pada tanggal 24 Maret, dan kita bisa mengakhiri TB pentingnya kesadaran, pendidikan dan tindakan bersama dalam memerangi penyakit menular dengan langkah mencegahnya, dengan pendidikan masyarakat tentang TBC untuk mengurangi stigma, meningkatkan deteksi dini dan memastikan akses perawatan yang tepat.

“Kami akan usulkan Cempaka Putih Barat, Kampung Bebas Tuberkolosis,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Baznas (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi peluncuran program bedah rumah dhuafa dan bedah rumah pasien tuberkolosis berjalan dengan baik.

“Ini hasil dari kolaborasi kedua pihak untuk menciptakan rumah layak huni bagi masyarakat dan semua ini berkat dukungan dari Pemerintah Kota Jakarta Pusat,” katanya.

“Apa yang kita lakukan bersama, semoga bermanfaat dan menjadi ladang ibadah untuk kita semua,” ungkapnya.

Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma menyampaikan, bahwa yang dicanangkan bedah rumah hari ini merupakan program Baznas (BAZIS) Jakarta Pusat yang hadir dari suatu hasil dari berzakat, berinfaq dan shodaqoh masyarakat dengan gerakan amal ramadhan (GAR).

“Semakin target yang terealisasi akan didapat tunjangan yang lain untuk membangun kembali dan memiliki tempat tinggal yang layak huni,” tandasnya.

Target Bedah Rumah Dhuafa tahun 2024 sebanyak 78 unit rumah ada kenaikan sebelumnya di tahun 2023 yang hanya 70 rumah.

Untuk realisasi bedah rumah pada termin kesatu ditargetkan 25 unit rumah yang pelaksanaannya di bulan Januari sampai dengan bulan April 2024.

Bedah Rumah Pasien Tuberkolosis (TB) tahun 2024  Baznas (BAZIS) Jakarta Pusat menargetkan sebanyak 8 rumah.

Saat ini yang sudah dilakukan survei serta asesmen sebanyak 3 rumah akan dilaksanakan bulan April 2024.

Launching Bedah Rumah Dhuafa dan Bedah Rumah Pasien Tuberkolosis (TB)  nampak hadir perwakilan IDI Jakarta Dr. Tri Indrigio, Asisten Kesejahteraan Rakyat Reza Phahlevi, Asisten Ekbang  Bakwan F Ginting, Kabag Kesra Ahmad Juhandi, Kabag PKLH Martua Sitorus, Camat Cempaka Putih Fauzi, Camat Kemayoran Asep Mulyaman, Camat Senen Ronny Jarpiko, Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Indriani Utami, Lurah Cempaka Putih Barat Annisa Titisunda, Lurah Kebon Sirih Heru Trie P, dan Lurah Petojo Selatan Rahmat Hidayat.

Penulis: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru