progresifjaya.id, JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim didampingi Direktur Lalu Lintas (Dirlalin) Keimigrasian Felucia Sengky Ratna, dan Kepala Kantor Imgrasi (Kakanim) Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan Johanes Fany Satria Cahya Aprianto, meresmikan outlet Immigration Lounge di Pondok Indah Mal (PIM) 3, Jakarta Selatan.
“Ini merupakan satu terobosan dalam memberikan layanan yang baik kepada masyarakat. Kehadiran layanan di Mal untuk mempermudah warga dalam menikmati layanan imigrasi khususnya di Mal yang berada di Jakrta Selatan,” ujar
Silmy Karim kepada wartawan usai meresmikan outlet layanan imigrasi yang berada di Basemant II, PIM 3, Senin (10/6/2024)
Lebih lanjut menurut Silmy, keuntungan Immigration Lounge di dalam mal untuk memudahkan masyarakat. Masyarakat bisa menjalankan aktivitas berbelanja dan memanfaatkan waktu sehingga efisien karena tak perlu lagi ke kantor imigrasi.
“Pertama, di dalam mal, sehingga yang mendapatkan pelayanan itu bisa menyambi dengan berbelanja atau rapat melanjutkan kegiatannya dan menggunakan aplikasi, nanti akan dipanggil ya 5 antrian sebelumnya sehingga waktunya bisa lebih optimal ya dengan kemudian efisien,” terangnya.
Di sisi lain dituturkannya, ini juga lebih efesien karena tidak menunggu di kantor Imigrasi pada umumnya.
“Kemudian kalau saya liat tadi interiornya juga sangat baik ya istilahnya kekinian nyaman dan tentunya ini akan kita lanjutkan dengan membuka Immigration Lounge yang berikutnya di mal-mal yang kiranya bekerja sama dengan imigrasi,” tutur Silmy.
Silmy menambahkan, ke depannya Immigration Lounge akan menerima 200 layanan passport per hari. Immigration Lounge ini juga membuka layanan untuk warga negara asing (WNA) yang ingin memperpanjang izin tinggal.
“Ke depannya itu tentunya pasti bisa sehari itu 200 paspor. Kemudian, di sini yang menarik juga ada perpanjangan izin tinggal untuk WNA jadi WNA pun kita layani ini tidak terjadi di luar negeri memberikan kemudahan begitu baik kepada masyarakat. Baik lokal maupun asing tunjukkanlah bahwa pelayanan pemerintah juga bisa seperti pelayanan di bank tentu ini masih dalam penyempurnaan tetapi paling tidak kita sudah memulai,” imbuhnya.
Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi