Minggu, Februari 25, 2024
BerandaBerita UtamaLibur Natal 2023 Belasan Ribu Pengunjung Padati TMR

Libur Natal 2023 Belasan Ribu Pengunjung Padati TMR

progresifjaya.id, JAKARTA- Suasana libur Natal 2023 kawasan wisata TMR (Taman Margasatwa Ragunan) Jakarta Selatan dipadati belasan ribu orang pengunjung, Senin (25/12/2023)

Para pengunjung yang datang dari wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bekasi) serta sejumlah kota lain di luar Jabodetabek, terkesan tidak peduli mereka harus antri dan berdesak-desakan untuk bisa masuk ke dalam area wisata yang dihuni berbagai macam hewan dan binatang buas.

Pantauan progresifjaya.id, di sekitar Jalam RM Harsono sejak pukul 09.00 WIB pagi hingga 16.00 hingga menuju pintu masuk utama sisi utara, terjadi kepadatan pengunjunga serta kemacetan arus lalu lintas menunju dan sebaliknya, Senin (25/12/2023).

Susana macet menuju TMR dan Ke luar TMR. (ist)

Staf Kehumasan TM Ragunan Wahyudi Bambang, menuturkan, hingga pukul 11.00 WIB, sekitar 19 ribu orang tercatat untuk mengunjungi TM Ragunan.

Sejumlah personel gabungan bersiaga di beberapa titik di sekitar area Ragunan untuk mengatur lalu lintas.

Sementara itu, di area Ragunan, kepadatan mulai terlihat dari antrean parkiran berbagai kendaraan. Pengunjung didominasi rombongan keluarga yang membawa anak-anak.

Istimewa

Kepadatan di area tersebut disebabkan karena banyaknya masyarakat yang ingin menghabiskan waktu libur mereka bersama keluarga di Taman Margasatwa Ragunan. Akibat membludaknya pengunjung, dan kemacetan terjadi, sejumlah pengungjung mengeluhkan uah pedangang yang menjual makanan dan minuman dengan harga tingghi alias tidak wajar.

Sejumlah warga menuturkan, mereka sampai di RM Harsono-Jalan Pertanian menuju TMR sekitar pukul 10.00 WIB untuk berlibur bersama keluarga  mengungjungi Taman Wisata Ragunan saat belanja satu botol minuman air mineral 500ml harga yang ditawarkan penjual Rp.10.000 untuk jenis tertentu, untuk Baso Rp.25.000 dan makanan ringan lain Rp.10.000. “ Sayang harga makanan minuman di sekitar Taman Wisata Ragunan harganya mahal. Namun karena kami butuh terpaksa harus juga bel,”ungkap pengunjung rombngan asal Bekasi.

Pengunjung antri menuju pintu masuk TMR, Senin (25/12/2023). (Foto: Asep Sofyan Afandi/progresifjaya.id)

Jam Operasional Ragunan Masa Libur Nataru

Dilansir dari akun resminya Taman Margasatwa Ragunan, bahwa Ragunan Zoo tetap buka pada tanggal 25 Desember 2023 sampai dengan tanggal 1 Januari 2024. Selanjutnya, Ragunan Zoo libur pada tanggal 2 Januari 2024.

“Untuk sahabat ragunan yang akan berkunjung kita infokan ya kalau kita akan tetap buka sampai tanggal 1 Januari 2024,” demikian keterangan seperti dilansir akun Instagram (@ragunanzoo), yang dikutip detikcom pada Sabtu (23/12/2023).

Selain itu, pihak Taman Margasatwa Ragunan turut menyampaikan terkait pemesanan tiket masuk. “Akses masuk bisa dengan online dan offline, Untuk mempermudah akses masuk kita sarankan melakukan pembelian tiket secara online,” demikian keterangannya.

Cara Beli Tiket Masuk Ragunan Online-Offline

Berikut tata cara pembelian tiket masuk Ragunan Zoo secara online melalui aplikasi dan secara offline dengan kartu Jakcard di loket Taman Margasatwa Ragunan:

Untuk tiket online:

Unduh dan buka aplikasi Taman Margasatwa Ragunan

Pilih menu “Beli Tiket”, lalu masuk ke halaman registrasi;

Masuk ke akun atau pilih “Daftar” jika belum punya akun;

Daftar akun dengan mengisi data diri, lalu klik “Daftar”;

Masukan 6 digit kode OTP yang dikirimkan via SMS, lalu klik “Kirim”;

Tampil menu utama, pilih “Beli Tiket” untuk membeli tiket masuk Ragunan;

Pilih tanggal kunjungan, jumlah tiket masuk dan tiket kendaraan, lalu klik “Lanjut”;

Konfirmasi detail pesanan, lalu checklist kolom “syarat dan ketentuan”;

Pilih metode pembayaran (JakOne Mobile/JakOne Pay/QRIS/Virtual Account), lalu klik “Lanjut”;

Lakukan pembayaran tiket sesuai metode pembayaran yang sudah dipilih;

Pilih “Tab Tiket Saya”, klik QR pengunjung untuk tiket masuk pengunjung dan/atau klik QR kendaraan untuk tiket masuk kendaraan;

Tunjukan kode QR tersebut kepada petugas pintu masuk saat berkunjung.

Tiket masuk Ragunan offline:

Pastikan telah memiliki kartu Jakcard atau dapat membelinya terlebih dahulu, sekaligus top up saldo Jakcard di loket yang tersedia di Taman Margasatwa Ragunan;

Cukup 1 kartu Jakcard dapat digunakan untuk rombongan (pastikan saldo mencukupi), dan saldo tidak dapat direfund;

– Harga Rp 45.000 mendapatkan saldo sebesar Rp 20.000;

– Harga Rp 75.000 mendapatkan saldo sebesar Rp 50.000.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru