Saturday, May 25, 2024
BerandaBerita UtamaLibur Panjang, Ganjil Genap di Kawasan Puncak Mulai Hari Ini sampai Minggu,...

Libur Panjang, Ganjil Genap di Kawasan Puncak Mulai Hari Ini sampai Minggu, 12 Mei

progresifjaya.id, BOGOR – Polres Bogor bakal menerapkan rekayasa lalu lintas dengan skema ganjil genap di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat saat libur panjang. Pekan ini akan terjadi libur panjang atau long weekend.

Tepatnya, pada tanggal 9-10 Mei merupakan libur nasional dan cuti bersama dalam rangka memperingati Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus. Ganjil genap di Puncak, Bogor mulai berlaku hari ini Rabu, 8 Mei 2024 hingga Minggu, 12 Mei 2024.

Hari Kenaikan Yesus Kristus merupakan salah satu hari raya umat Kristen. Pada momen ini, yakni peristiwa yang terjadi 40 hari setelah kebangkitan Yesus. Pada saat itu kebangkitan Yesus disaksikan oleh murid-muridnya.

Saat Hari Kenaikan Yesus Kristus, biasanya umat Kristen akan pergi misa ke Gereja untuk melakukan doa bersama. Setelah pulang dari gereja, ada pula Sebagian orang yang memilih untuk berkumpul bersama keluarga dan makan bersama.

Saat hari raya tersebut, pemerintah telah menetapkan sebagai libur nasional. Penetapan Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus juga berdekatan dengan libur akhir pekan. Oleh sebab itu, Satlantas Polres Bogor bakal menerapkan rekayasa lalu lintas berupa pembatasan kendaraan dengan skema ganjil genap.

Ganjil genap merupakan sistem pengaturan lalu lintas di beberapa kota yang membatasi kendaraan bermotor untuk masuk ke dalam suatu daerah pada hari  tertentu.

Pembatasan kendaraan bermotor ini diterapkan berdasarkan nomor pelat kendaraan. Aturan ganjil genap diberlakukan sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar di Indonesia.

Jadwal Ganjil Genap Puncak Bogor

Guna mengantisipasi kemacetan saat libur Panjang, skema ganjil genap di Puncak, Bogor, Jawa Barat pun akan diberlakukan.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Rizky Guntama menyampaikan penerapan ganjil genap di Puncak, Bogor, Jawa Barat pada 8-12 Mei 2024.

“Untuk libur panjang nanti tanggal 9 sampai dengan tanggal dengan nanti hari Minggu, Satlantas Polres Bogor sudah menyiapkan rekayasa pertama adalah ganjil genap yang akan kita berlakukan mulai dari hari Rabu sampai dengan Minggu,” kata Rizky kepada wartawan dikutip Selasa, 7 Mei 2024.

Rizky pun mengimbau kepada pengendara untuk memastikan pelat nomornya sesuai dengan tanggal dan mengingatkan kendaraan yang digunakan sesuai aturan serta spesifikasi.

Sehingga, bagi kendaraan yang berpelat nomor polisi tidak sesuai dengan tanggal diberlakukannya pembatasan kendaraan akan diminta putar balik oleh petugas atau ditindak hingga penilangan.

Selain ganjil genap, pihaknya juga akan menyiapkan rekayasa lalu lintas, seperti one way yang dilaksanakan secara situasional dengan melihat volume kendaraan.

“Apakah memang dari arah Jakarta apabila Puncak ramai, akan dilaksanakan one way ke arah atas, ataupun sebaliknya,” ujarnya. (Firman)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru