Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita UtamaMasih Banyak Pendukung Partai NasDem Pilih Prabowo sebagai Capres 2024

Masih Banyak Pendukung Partai NasDem Pilih Prabowo sebagai Capres 2024

progresifjaya.id, JAKARTA – Hasil survei terbaru Skala Survei Politik (SSI) menunjukkan bahwa masih banyak pendukung Partai NasDem yang memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Survei SSI diselenggarakan pada 23 hingga 29 September 2022 dengan jumlah sampel 1.200 responden. Sampel tersebar di 34 provinsi dengan teknik pemilihan menggunakan multistage random sampling.

Dari seluruh responden, 4,1 persen di antaranya mengaku sebagai pemilih Partai NasDem.

Saat mereka disodorkan 10 nama capres yang akan dipilih dalam Pilpres, di antara memilih antara Prabowo dan Anies Baswedan. Bahkan, mereka berdua memperoleh suara yang sama.

Pendukung NasDem yang memilih Prabowo sebanyak 40,8 persen, begitu juga dengan yang memilih Anies sebanyak 40,8 persen. Di urutan ketiga diisi oleh Ganjar dengan 4,1 persen suara. Sedangkan untuk 7 nama lainnya hanya dipilih 2 persen pemilih NasDem atau kurang.

Menariknya, NasDem baru saja mendeklarasikan Anies menjadi capres usungannya untuk Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membacakan sendiri deklarasi tersebut. Surya mengungkapkan telah beberapa lama memilih nama-nama bakal capres yang akan diusung NasDem.

Dia mengatakan, NasDem memilih setiap bakal capres dari setiap golongan, tanpa memandang identitas. Oleh sebab itu, menurutnya, capres yang diusung NasDem merupakan yang terbaik.

“Makanya yang ingin dicari Nasdem adalah yang terbaik daripada yang paling baik. Inilah makanya Nasdem memilih sosok Anies Baswedan,” ujar Surya di Ballroom NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Di sisi lain, Prabowo merupakan capres tunggal usungan Partai Gerindra. Saat ini, Gerindra berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Untuk NasDem, mereka dekat dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Artinya, besar kemungkinan Anies dan Prabowo akan saling bertarung di ajang Pilpres 2024. (Red)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru