Monday, April 22, 2024
BerandaTNI/PolriMasyarakat Antusias Ikuti Rapid Test & Swab Test COVID 19 di Jaksel

Masyarakat Antusias Ikuti Rapid Test & Swab Test COVID 19 di Jaksel

progresifjaya.id, JAKARTA – Masyarakat tampaknya tidak mensiasiakan kesempatan terbuka untuk memastikan dirinya tidak terinfeksi atau terindikasi virus covid 19, dengan mengikuti Rapid Test dan Swab test yang dilaksanakan pemerintah kelurahan dan kecamatan yang tersebar di wilayah Jakarta Selatan, Rabu (10/5).

Buktinya, tempat pelaksanaan rapid test dan swab test  covid 19 ramai didatangi dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari  warga biasa, pedagang, pekerja hingga Aparat Sipil Negeri (ASN), semuanya ingin mendapatkan kepastian akan kesehatannya apakah terinfeksi virus covid 19.

Seperti terlaksana di wilayah kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru,    Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama dan Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Pesanggrahan.

Dikelurahan Tegal Parang, pelaksanaan swab test digelar di kantor Sekretaiar RW 04 yang dilakukan Dokter dan petugas kesehatan Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan dengan menyasar kepada sebanyak 50 warga. “Nantinya semua warga akan ikut tes  yang diikuti 350 orang di tujuh RW,” kata Lurah Tegal Parang, Ramli, Rabu (10/6).

Ditambahkan, Dokter Puskesmas Kecamatan Mampang, Wistriastika, warga yang telah mengikuti swab test, akan menjalani pemeriksaan lanjutan dengan Polymerase Chain Reaction (PCR). Ditegaskan olehnya,  warga yang punya gejala disarankan mengisolasikan diri dan jika positif  siap penangan lanjut dan dikirim rumah sakit khusus Covid Wisma Atlet. “Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Wisma Atlet,” tandasnya.

Jumlah yang sama sebanyak 50 orang  warga RW 02 Kelurahan Cipete Utara,  menjalani rapid dan swab test yang dilakukan petugas dari Puskesmas Kelurahan Cipete Utara  yang berlangsung di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Sawo, Rabu (10/6).

Lurah Cipete Utara Nurcahya mengatakan, kegiatan  disasarankan kepada semua warga yang baru balik dari kampung namun tidak memiliki Surat Izin Keluar-Masuk Wilayah (SIKM) DKI Jakarta. Juga, menuturkan, pihaknya turut melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan rapid dan swab test terhadap para pekerja proyek Hotel Dharmawangsa yang berlangsung di Mess Pekerja Proyek RT 001/ RW 11 Kelurahan Cipete Utara.

Para pekerja dari PT Shimizu, jelasnya,  ada sebanyak 150 orang  yang jalani tes yang dilakukan petugas Medis dari Rumah Sakit Medika Binaro. “ Mereka  sedang mengerjakan proyek Hotel Dharmawangsa,” katanya.

Berbeda dengan rapid dan tes swab yang digelar Kelurahan Pesanggrahan, diikuti sebanyak 100 orang pedagang  yang dilaksanakan di  Pasar Pesanggrahan, Rabu (10/6).

Lurah Pesanggrahan Jumadi menuturkan, tes tersebut diikuti antusias oleh para pedagang demi lebih memastikan dirinya terhindar dari virus corona. “ Hasilnya diperkirakan dua sampai tiga hari setelah test,” katanya.

Sebelumnya di wilayah Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, ada sebanyak 100 orang  terdiri dari warga, ASN, PPSU, RW dan RT yang mengikuti tes swab yang digelar petugas Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama. “Test swab tersebut merupakan progran jemput bola,” kata Lurah Kebayoran Lama Selatan, Prasetyo.

Diharapkan olehnya,  warga dengan suka rela memeriksakan dirinya dan semuanya negatif jika ada yang positif tidak perlu panik. Karena, lanjutnya, nanti akan ditindaklanjuti oleh tim medis agar cepat sembuh dan tidak menular ke mana-mana.

Penulis/Editor: M. Maruf

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru