Saturday, May 25, 2024
BerandaBerita UtamaMenag Pastikan Semua Fasilitas Siap Layani Jamaah Selama Menunaikan Ibadah Haji

Menag Pastikan Semua Fasilitas Siap Layani Jamaah Selama Menunaikan Ibadah Haji

progresifjaya.id, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan seluruh fasilitas di Tanah Suci sudah disiapkan untuk melayani para jamaah selama menunaikan ibadah haji.

“Inshaallah untuk layanan sudah kita persiapkan, kemaren sudah saya cek, baru tadi sore saya pulang dari Saudi bersama Pak Dirjen, kita udah cek. Insha Allah siap untuk menerima jamaah haji kita,” jelasnya kepada wartawan, Minggu (15/5/2024).

Sebelumnya, jamaah haji kloter pertama mulai diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci pada Minggu (15/5/2024) dini hari. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun membagikan bunga mawar merah ke jamaah haji.

Untuk kloter pertama, ada sebanyak 8.700 jamaah yang diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Adapun terbagi ke dalam 22 kloter.

Selain itu, Menag juga berpesan agar jamaah menata ulang kembali niatnya dan berharap agar fokus beribadah haji.

“Kami mengingatkan ke Bapak Ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci,” ucap Menag kepada jamaah haji saat menyapa di dalam pesawat.

Menag juga kembali mengingatkan pentingnya menjaga fisik. Sebab, cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.

“Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Agar kondisi fisik Bapak Ibu dijaga. Makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum,” ucapnya.

Dia pun meminta para jamaah tak segan meminta tolong kepada petugas jika membutuhkan sesuatu. Dipastikan, petugas akan membantu dengan setulus hati.

“Jika membutuhkan segala sesuatu nanti, sampaikan kepada petugas. Kami di Kemenag bersama Kemenkes sudah menyiapkan petugas-petugas yang akan dan siap melayani bapak ibu sekalian. Apapun kebutuhannya sampaikan kepada petugas, jangan sungkan,” katanya. (Red)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru