Wednesday, May 29, 2024
BerandaTNI/PolriMengakrabkan Lebih Dekat Figur 2 Jenderal Pimpinan Polda Metro Jaya

Mengakrabkan Lebih Dekat Figur 2 Jenderal Pimpinan Polda Metro Jaya

progresifjaya.id, JAKARTA – Polda Metro Jaxa saat ini dikomandoi dua jenderal beda generasi dari satuan kerja (Satker) Reserse Kriminal (Reskrim). Jenderal pertama adalah Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto. Dan yang kedua adalah Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto.

Irjen Pol Karyoto  sebelumnya adalah Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sementara Brigjen Pol Suyudi sebelumnya adalah Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II Bareskrim Polri.

Pada tulisan ini, progresifjaya.id coba untuk lebih dekat mengenalkan sekaligus mengakrabkan figur dari kedua jenderal yang memayungi serta mengayomi ribuan polisi ini ke masyarakat. Berikut ulasannya:

  1. Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto

Figur jenderal bintang 2 jebolan Batalyon Dhira Brata Akpol 1990 ini dipilih Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Metro 1 pada 27 Maret 2023. Dia menggantikan Komjen Pol Fadil Imran yang dipromosikan menjadi Kabaharkam Polri. Seperti sudah dituliskan di awal, Irjen Pol Karyoto yang lahir di Pemalang, Jawa Tengah ini kenyang pengalaman tugas di lingkup Satker Reskrim.

Irjen Pol Karyoto juga pernah menjadi Kapolres Ketapang tahun 2008 dan dua kali menjabat sebagai Wakapolda. Pertama sebagai Wakapolda Sulawesi Utara pada tahun 2018 dan sebagai Wakapolda DIY di tahun 2019.

Sebelum itu, dirinya juga pernah menjadi Kasubbid Infodata Kominter Set NCB Interpol pada 2009, Penyidik Utama Tk II Dit III/Kor Dan WCC Bareskrim Polri tahun 2010, serta Kasubdit III Dittipidkor Bareskrim Polri di tahun 2011.

Setelah itu dirinya kembali menjadi Kapolres di Barelang, Kepulauan Riau pada tahun 2012. Tugas berikutnya lagi yang diemban adalah sebagai  Dirreskrimum Polda DIY tahun 2014,  Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri tahun 2015, dan sebagai Direktur Analis Pemutus Jaringan Internasional BNN di tahun 2016.

  1. Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto

Sosok Brigjen Pol Suyudi Ario Seto adalah Jenderal bintang 1 kelahiran Jakarta, 14 Juli 1973 dari Batalyon Tunggal Panaluan Akpol 1994. Dia menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya sejak 27 Maret 2023.

Kariernya di kepolisian pernah ada di posisi  Kanit II Resmob Polda Metro Jaya. Lalu dia menjabat Kapolsek Pasar Minggu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kanit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kota, serta Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat.

Brigjen Pol Suyudi juga pernah mengemban tugas sebagai Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya, juga sebagai Kapolsek Metro Tanah Abang, dan sebagai Kapolsek Metro Penjaringan. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru