Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPolitikMengenal Lebih Dekat Jupriman, Caleg Muda Potensial dari Partai PKS Kota Pariaman

Mengenal Lebih Dekat Jupriman, Caleg Muda Potensial dari Partai PKS Kota Pariaman

progresifjaya.id, KOTA PARIAMAN – Jupirman, SE., putra Desa Kampung Apar, Kecamatan Pariaman Selatan, saat ini menjadi salah satu calon anggota legislatif (caleg) Kota Pariaman pada Pemilihan Umum 2024.  Bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS), ia akan maju di daerah pemilihan Kecamatan Pariaman Timur dan Pariaman Selatan.

Anak muda kelahiran Palak Aneh 21 Januari 1992 ini punya segudang prestasi. Ia pernah bersekolah di SDN 11 Palak Aneh, SMPN 3 Pariaman, dan SMAN 3 Pariaman. Pendidikan terakhirnya di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang.

Selama sekolah, ia aktif berorganisasi sebagai Ketua OSIS SMAN 3 Pariaman dan Ketua Forum Anak Kota Pariaman. Saat kuliah aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa, Kesatuan Akasi Mahasiswa Muslim Indoneisa (KAMMI) Universitas Andalas, dan organisasi daerah seperti IMAPAR.

Setelah lulus kuliah, ia mencoba membangun usaha dan memilih membangun kampung halaman dengan aktif berkegiatan di Karang Taruna hingga terpilih menjadi Ketua Karang Taruna Desa Kampung Apar periode 2015-2018, sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Pariaman Selatan periode 2018-2023, sampai terpilih sebagai Bendahara Karang Taruna Kota Pariaman hingga sekarang.

Melalui kreatifitas dan inovasi yang dilakukan selama aktif di karang taruna telah ikut berkontribusi mengharumkan nama Desa Kampung Apar baik di tingkat kota maupun provinsi melalui aktifitas kepemudaan yang dilakukannya.

Berikut daftar prestasi dan penghargaan yang pernah diraih oleh caleg muda potensial PKS ini diantaranya:

  • Ketua Karang Taruna Berprestasi Kota Pariaman tahun 2016
  • Inovator Teknologi Tepat Guna Kota Pariaman Tahun 2016
  • Salah Satu Kontingen Kota Pariaman Pada Gelaran Teknologi Tepat Guna Nasional tahun 2016 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.
  • Pemuda pelopor kota pariaman bidang pendidikan tahun 2017 dan tahun 2028
  • Juara 2 bidang Temu Karya pada Pekan Tani Daerah Sumatera Barat tahun 2018
  • Salah Satu Kontingen Kota Pariaman pada Pekan Nasional Tani dan Nelayan (PENAS TANI) di Kota Padang , SUMBAR pada tahun 2023
  • Relawan Karang Taruna Bersertifikasi Kompeten yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi BBPPKS Jaya Pura tahun 2022
  • Alumni “International Visitor Leadership Program” yang dilaksanakan oleh Kementrian Luar Negri Amerika Serikat dengan tema “Peran Politisi Muda di Era Digital” pada tahun 2021. Ia tercatat sebagai orang ke dua asal kota Pariaman setelah Prof. Genius Umar yang berkesempatan mengikuti program tersebut.

Selain itu, Jupriman aktif terlibat di beberapa organisasi tingkat daerah di antaranya Pengurus LPM Kota Pariaman, Sekretaris Pimpinan Cabang Pariaman Selatan, Pengurus Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kota Pariaman.

Adapun aktifitas pengabdian dan pekerjaan saat ini adalah sebagai Ketua Koperasi Pondok Pesantren Modern Tapuz di Desa Marunggi Kota Pariaman, Ketua Laziz Muhammadiyah Kota Pariaman dan sebagai manager di Kantor Perwakilan PT. Sianok Indah Holiday Simpang Jati Pariaman pimpinan Zarleni.

Dengan segudang pengalaman dan prestasi yang dimilikinya Insya Allah Jupriman sangat layak mengemban amanah sebagai anggota DPRD Kota Pariaman pada pileg 2024 mendatang. Sebab selain kapasitas diri yang dimiliki, anak muda ini terpantau telah banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat kota pariaman.

Semua kegiatannya terekam dalam banyak pemberitaan baik melalui portal media online, koran harian, maupun pemberitaan media televisi lokal juga pernah masuk pemberitaan media televisi nasional.

Kegiatan-kegiatan yang pernah dilakuan tersebut dapat dipantau kembali melalui mesin pencarian internet. Kegiatan yang pernah dilakukan antara lain, pencetus program English Study Club Desa Kampung Apar, mengaktifkan kegiatan keagamaan baik di tingkat desa maupun Kecamatan Pariaman Selatan seperti MTQ dan Wirid Pemuda, penggerak program Jamuan Jumat di Masjid Al Hidayah Desa Sungai Kasai, aksi sosial penanggulangan kabut asap, dan Karang Taruna Goes to School.

Jupriman juga terpantau menjadi penggerak aksi kemanusiaan untuk muslim Rohingya di kota Pariaman pada tahun 2017 dan yang terbaru menjadi penggerak sekaligus koordinator Aliansi Masyarakat Piaman Bantu Palestina yang dilakukan beberapa waktu lalu dengan melakukan penggalangan dana, tablik akbar dan longmarch dalam rangka mengkampanyekan kemerdekaan rakyat Palestina.

Aksi ini dapat dukungan penuh masyarakat Pariaman dan dapat apresiasi langsung dari Pj Wali Kota Pariaman dan Ketua DPRD Kota Pariaman dengan ikut menghadiri acara tersebut.

Memiliki kecakapan sosial yang tinggi, Jupriman sangat peka terhadap peristiwa dan kejadian  yang terjadi di tengah masyarakat. Ketika terjadi gagal panen massal akibat hama wereng tahun 2022 lalu di kota Pariaman, ia berinisatif menghimpun para ketua kelompok tani di Kota Pariaman untuk menemui pimpinan DPRD Kota Pariaman dalam rangka menyampaikan keluhan dan aspirasi terkait musibah gagal panen yang terjadi.

Selain itu, ia pernah menunjukan sikap berani bersama sekelompok anak muda lainya melakukan upaya pencegahan terhadap rencana sebuah event yang dikhawatirkan ditunggangi oleh kelompok LGBT di Kota Pariaman.

Ia aktif melakukan upaya komunikasi dengan pihak-pihak terkait baik dari unsur Kapolresta, Dandim 0308, pemkot, DPRD, dan juga MUI. Bahkan setelah ditelaah dan dikaji oleh para ulama Majelis Ulama Islam Kota Pariaman, MUI pun mengeluarkan fatwa haram untuk event tersebut.

Hal itu dilakukan semata untuk menjaga masyarakat Pariaman terutama generasi muda dari potensi bahaya terkontaminasi oleh kelompok tersebut di kemudian hari. Alhamdulillah berkat kuasa Allah, event tersebut batal dilaksanakan di Kota Pariaman.

Jupriman adalah sosok anak muda yang tepat untuk masyarakat Kota Pariaman. Sosok yang padat karya, inovatif serta kaya akan prestasi. Pribadi yang peduli dan sangat sederhana. Semoga terpilih menjadi anggota DPRD untuk mengemban amanah masyarakat Kota Pariaman pada tanggal 14 Februari 2024. (Agus Tanjung)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru