Saturday, June 15, 2024
BerandaBerita UtamaMenjaga Kualitas Lingkungan Hidup dalam Konteks Penegakan Hukum

Menjaga Kualitas Lingkungan Hidup dalam Konteks Penegakan Hukum

progresifjaya.id, JAKARTA – Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Djumyanto SH., MH., memaparkan mengenai soal lingkungan hidup telah menjadi konsern semua pihak terutama dalam konteks penegakan hukumnya.

Di dalam upaya perlindungan lingkungan hidup tentu  berkaitan dengan banyak faktor yang komprehensif.

“Upaya perlindungan  lingkungan hidup tidak hanya didasarkan pada  peraturan hukum tapi juga berkaitan dengan soal bagaimana kesadaran dari semua pihak , tidak hanya aparat penegak hukum tapi juga warga masyarakat serta semua stakeholder,” ujarnya kepada progresifjaya.id di Jakarta.

Dari perspektif kesadaran warga masyarakat, kata dia, ada hak dan kewajiban yang mendasari upaya perlindungan hidup.

Di mana, warga masyarakat mempunyai hak untuk memperoleh suatu lingkungan hidup yang baik,  berhak untuk menikmati sebuah lingkungan hidup yang berkualitas dan tidak kemudian lingkungan hidup menjadi bencana atau justru mengakibatkan kualitas hidup warga negara itu menjadi tidak optimal.

Di sisi lain juga melekat kewajiban warga masyarakat untuk berperan serta menjaga, mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan berkualitas mengutip dengan pendekatan yang mampu menciptakan orkestrasi  dalam.

Sehingga keseimbangan antara hak dan kewajiban ini akan menjadi modal utama dalam upaya  perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Caranya dengan sinergi,  koordinasi,  kolaborasi antara pemangku  kepentingan antara lain pemerintah, pemerintah daerah dunia usaha komunitas warga masyarakat,” katanya.

Selain hal itu, juga perlu adanya ketentuan hukum atau peraturan yang baik dan responsif agar mampu menjadi instrumen dalam menjaga dan melindungi hak serta kewajiban warga masyarakat.

“Supaya apa yang menjadi tujuan utama yaitu perlindungan lingkungan hidup mampu menghadirkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Djuyamto. (AT)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru