Tuesday, July 23, 2024
BerandaOlahragaOlah Raga Bersama Koopsud I Meriahkan Rangkaian Peringatan HUT ke-73 Koops Udara

Olah Raga Bersama Koopsud I Meriahkan Rangkaian Peringatan HUT ke-73 Koops Udara

progresifjaya.id, JAKARTA – Dalam rangka rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Koops Udara, Komando Operasi Udara I (Koopsud I) menggelar olah raga bersama bertempat di Lapangan Bola Galaxy Makoopsud I, Selasa (25/6/2024).

Diawali dengan Apel Pagi dipimpin oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, pelaksanaan olahraga bersama selanjutnya dipandu Kasibinjas Kes Koopsud I, Letkol Kes Petrus S., S.Pd.

Pada kesempatan itu, Pangkoopsud I menyampaikan olahraga bersama pagi ini merupakan puncak acara peringatan HUT Koopsud, yang dimaksudkan untuk mengenang perjalanan sejarah terbentuknya Koops Udara dan meningkatkan semangat juga kebersamaan di lingkungan Koops Udara I.

Letkol Kes Petrus S., S.Pd., selaku koordinator kegiatan olahraga bersama, menggelar “Bola Tangan Gembira” yang melibatkan seluruh personel pria baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan pembagian kelompok sebanyak 4 tim, yaitu merah sebagai tim Ses Ir Koopsud I, kuning adalah tim Pangkoopsud I, tim hijau dipimpin Asintel Kaskoopsud I dan tim oranye dikepalai Danpom Koopsud I.

Adapun menurut Sejarah, permainan bola tangan pertama kali dikenal dengan nama “Urania” lahir di jaman Yunani Kuno pada tahun 130-200 Masehi. Permainan ini selanjutnya dikenal Indonesia pada tahun 1951 melalui Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-2 di Jakarta.

Dikatakan Letkol Petrus, permainan bola tangan Koopsud I mengadop pada permainan bola tangan yang sebenarnya dimainkan oleh 7 orang dalam 1 (satu) tim dengan menggunakan 1 (satu) bola, namun dengan dasar menumbuhkan kebersamaan dan kegembiraan, maka permainan bola tangan Koopsud I dimainkan oleh 40  orang dalam satu tim dengan menggunakan 3 bola secara bersamaan.

Pertandingan bola tangan yang menggunakan teknik passing, menangkap, menggiring dan menembak/shooting ini berlangsung dalam suasana gembira dan penuh semangat,  terlihat pula kekompakan dan kerukunan antar tim dalam usaha masing-masing tim untuk dapat membobol gawang lawan.

Berlangsung selama 10 menit setiap pertandingan, pada akhirnya ditentukan tim pemenang yaitu tim Kuning dengan Ketua Tim Pangkoopsud I sebagai juara pertama, tim merah dibawah pimpinan Ses Ir Koopsud I sebagai juara 2, selanjutnya juara 3 dan 4 oleh tim oranye dan hijau dengan ketua tim Danpom Koopsud I dan Asintel Kaskoopsud I.

“Koops Udara I Bergerak, Bergembira dan Sehat Bersama”. (Ndy/Penkoopsud I)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru