Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaPangdam Jaya, Pj Gubernur DKI Jakarta, Dan Kapolda Metro Jaya Lakukan Penanaman...

Pangdam Jaya, Pj Gubernur DKI Jakarta, Dan Kapolda Metro Jaya Lakukan Penanaman Pohon Bersama

progresifjaya.id, JAKARTA – Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Mohamad Hasan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto  lakukan penanaman pohon bersama, di wilayah Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Jum’at (5/1/2024).

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mohammad Hasan menuturkan, pihaknya juga menginstruksikan seluruh jajaran Kodim setiap wilayah untuk mengajak warga melaksanakan urban farming.  “Setiap Komandan Distrik Militer (Dandim) telah kami instruksikan untuk mengajak masyarakat di sekolah agar terus melakukan sosialisasi urban farming,” tuturnya.

Menurutnya,Urban farming kali ini melibatkan penanaman 100 pohon produktif dan 2000 tanaman cabai di lahan seluas 5000 meter persegi. Penanaman juga tersebar di 10 titik Kodim di bawah Jajaran Kodam Jaya.

“Kolaborasi Kodam, Polda Metro Jaya, dan Pemda DKI Jakarta diharapkan dapat mengurangi inflasi dan mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan positif, sehingga Jakarta dapat menjadi kota yang lebih hijau dan sejahtera,”imbuh, Pangdam Jaya.

Di kesempatan yang sama, Pj Gubernur Heru Budi mengingatkan urban farming bisa diikuti semua warga Jakarta, langkah ini untuk mendukung ketersediaan pasokan pangan.

Heru berharap, langkah ini bisa semakin digencarkan semua pihak di 2024 ini. “Hal ini karena bukan hanya mengatasi urusan pangan dan inflasi daerah saja, tetapi juga menambah kawasan hijau bagi Jakarta,”imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan juga dihadiri, Staf Khusus Kasad Mayjen TNI Johanis Payung, S.E., M.Tr.Han.Komandan Korem 052/Wijayakrama, Brigjen TNI Putranto Gatot SH,S.Sos.,M.M., Kepala Dinas KPKP, Suharini Eliawati, Komandan Kodim 0502/JU, Kolonel Kav Tofan Tri Anggoro,dan Kapolres Metro Jakarta Utara,  Kombes Gidion Arif Setyawan.

Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Selatan, saat melakukan penanaman Pohon di area Kebun Bibit Casamora, Ciganjur, Jagakarsa. Jumat (5/1/2024) (ist)

Di Jakarta Selatan Tanam 200 Pohon

Sementara itu, Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Kota Administrasi Jakarta Selatan lakukan penanaman pohon, di area Kebun Bibit Casamora, Ciganjur, Jagakarsa.

Kegiatan penanaman pohon Gerakan Jumat Menanam Serentak dihadiri langsung, Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin, Kamandan Kodim 0504/JS, Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, Kapolres Metro Jaksel, Kombes Pol. Ade Rahmat Idnal, Camat Jagakarsa, Danramil Jagakarsa, Kapolsek, dan para Lurah.

Walikota Jaksel, Munjirin mengatakan, penanaman serentak yang rutin setiap hari Jumat dilakukan bertujuan untuk melestarikan lingkungan, penghijauan, ketahanan pangan, dan pemanfaatan lahan, serta mengurangi pencemaran udara yang ada di Jakarta.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin lakukan penanaman pohon Jumat (5/1/2024) (ist)

“Hari ini kita menanam di lokasi seluas 8 hektar yang sebelumnya juga pernah ditanami berbagai jenis pohon oleh bapak Pj Gubernur DKI Jakarta. Dengan harapan, lokasi ini semakin banyak pepohonan dan bermanfaat bagi keberlangsungan hidup masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Dandim 0504/ Jakarta Selatan, Roy Fakhrul Rozi, menjelaskan, adapun 200 pohon produktif yang ditanam hari ini yakni, pohon Mangga, Jambu, Kelengkeng, Sukun dan lain sebagainya.

“Kita akan terus jalin sinergitas dengan pemerintah setempat, untuk secara bersama-sama peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru