Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaPemerintah Apresiasi Kontribusi Astra Dalam Meningkatkan Taraf Pendidikan Nasional

Pemerintah Apresiasi Kontribusi Astra Dalam Meningkatkan Taraf Pendidikan Nasional

progrersifjaya.id, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat telah bersinergi untuk menyongsong Usia Emas 2045 Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meminta agar budi pekerti ikut ditanamkan kepada peserta didik.

“Pemerintah sudah menyediakan fasilitas bagi peserta didik yakni  Kartu Indonesia Pintar (KIP) mulai dari level pendidikan paling bawah seperti PAUD/TK hingga kuliah. Adik-adik usia 18, nanti tahun 2045 akan pegang tampuk kepemimpinan di Indonesia,”.

Hal ini diungkapkan, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di hadapan 1.000 peserta didik yang hadir saat gelaran Festival Pendidikan Astra 2023, yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (28/5/2023).

Heru menambahkan, saat ini yang jadi masalah adalah murid pintar dan kompeten, namun insting budi pekertinya kurang, dan hal iniyang mesti menjadi salah satu fokus pendidikan kita ke depan, tuturnya.

Disisi lain, Pj Gubernur DKI Jakarta mengapresiasi pihak Astra yang sudah berkontribusi meningkatkan taraf pendidikan nasional. “Kami menyambut positif program Astra untuk Indonesia Cerdas yang menjadi bukti nyata bahwa sektor industri dan dunia pendidikan adalah sebuah kesatuan. Bahwa pendidikan menjadi muara terciptanya tenaga kerja yang kompeten dan profesional. Apresiasi untuk Astra atas konsistensi dan komitmennya pada dunia pendidikan, khususnya di  DKI Jakarta,” tutur, Heru.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati juga menekankan pentingnya menghadirkan  pembelajaran berbasis proyek  khususnya bagi peserta didik kejuruan.

Menurtnya, pendidikan di masa depan, peserta didik tidak hanya diberi alat atau sarana sesuai dengan jurusannya masing-masing, tetapi juga diberi konteks.

Kiki membenarkan, Indonesia bakal menghadapi bonus demografi untuk pentingnya kiranya agar peserta didik diurus dengan baik. “Kalau  keliru ngurus, malah jadi bencana demografi,” ungkapnya.

Disebutkan Kiki, ada dua pesan penting bagi anak SMK yakni ” Belajar bagaimana cara belajar (learning how to learn)  dan belajar bagaimana cara berpikir (learning how to think). Dimensi ini yang perlu dipertajam lagi.”

Dikesempatan yang sama, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah juga menyampaikan sambutannya dalam kesempatan tersebut. Ia menjelaskan tentang peran aktif Astra dalam mendukung peningkatan taraf pendidikan di Indonesia.

Riza menambahkan, Astra telah melaksanakan pembinaan dan pengembangan yang menjangkau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah, Perguruan Tinggi, Pendidikan Berkebutuhan Khusus hingga Pendidikan untuk Aman Berlalu Lintas yang telah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, imbuhnya.

Penulis/Editor : Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru