Saturday, June 15, 2024
BerandaMegapolitanPemerintah Kecamatan Cempaka Putih Gelar Upacara Harkitnas

Pemerintah Kecamatan Cempaka Putih Gelar Upacara Harkitnas

progresifjaya.id, JAKARTA – Pemerintah Kecamatan Cempaka Putih menggelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 116 tahun 2024 di Halaman Kantor Kecamatan Cempaka Putih  Jakarta Pusat, Senin (20/5).

Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas merupakan Hari Nasional yang diperingati pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya.

Tahun 2024 ini merupakan peringatan Harkitnas ke 116 dengan mengusung tema “Kebangkitan Nasional 2024 adalah Bangkit Untuk Indonesia”.

Tema ini dipilih agar Harkitnas 2024 dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Dalam Upacara Harkitnas, Camat Cempaka Putih Fauzi  bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yaitu tujuan peringatan ke 116 Kebangkitan Nasional tahun 2024 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara.

Mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya indonesia emas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah latar belakang peringatan Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei tak luput dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo atau Budi Utomo.

Budi Utomo merupakan organisasi pemuda diputuskan tanggal 20 Mei 1908 silam yang dimasa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Organisasi Budi Utomo bermula dari sejumlah dokter dan calon dokter yang berkumpul mendirikan organisasi modern.

Kegiatan Upacara Hari Kebangkitan Nasional turut hadir Wakil Camat Erick, Sekretaris Kecamatan Dodi Kurnia, Lurah Rawasari M. Arif Biki, Lurah Cempaka Putih Timur Amadeo, Lurah Cempaka Putih Barat Annisa Titisunda, para Kasatpel, Kasektor, Kanit PTSP, Kepuskes Kecamatan dan Kelurahan dan seluruh ASN lingkup Kecamatan Cempaka Putih.

Penulis: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru