Sunday, July 21, 2024
BerandaBerita UtamaPemerintah Sebar Ratusan Petugas Pemeriksa dan Pemotong Hewan Qurban Di Wilayah Jakarta...

Pemerintah Sebar Ratusan Petugas Pemeriksa dan Pemotong Hewan Qurban Di Wilayah Jakarta Selatan

progresifjaya.id, JAKARTA – Jelang pelaksanaa Iedul Qurban 1444 Hijriyah Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan lepas ratusan petugas petugas pemeriksaan kesehatan daging qurban, dan petugas pemotongan hewan qurban. Pelepasan dilakukan Wakil Walikota, Edi Sumantri dalam rangkaian kegiatan Sosialisasi Tata Cara Memilih dan Memotong Hewan Qurban yang berlangsung, di Ruang Rapat Gelatik Utama Lt.III Blok A, Kantor Walikota Kota  Administrasi Jakarta Selatan, Senin (26/6).

Kegiatan sosialisasi Sudin KPKP (Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian) yang digelar secara ofline diikuti langsung 110 petugas antara lain dari Sudin KPKP Jaksel, Perhimpunan Dokter Hewan, Mahsiswa semester 7 Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Brawijaya,juga diikuti ratusan petugas terkait secara online dengan menghadirkan sejumlah narasumber kompeten berjalan dengan tertib.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Edi Sumantri, menuturkan, diharapkan lewat kegiatan seluruh peserta bisa memahami terkait apa yang diajarkan, bagaimana cara menyediakan daging hewan kurban yang halal dan thoyyib termasuk salah satunya cara penyembelihan hewan kurban sesuai Syariat Islam.

Ratusan petugas pemeriksa dan pemotong hewan qurban di Wilayah Jakarta Selatan siap turun kelapangan (Ist)

“Langkah ini bertujuan agar dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban bisa menghasilkan daging yang bagus, sempurna, dan halal dikonsumsi sesuai Syariat Islam. Disisi lain para pembeli hewan qurban bisa memahami kriteria daging sehat dan halal. Dan hewan qurbanpun harus bersih, cukup umur, gemuk, tidak cacat dan enak dipandang mata,” tuturnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan bersama seluruh organisasi yang membantu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban seperti DMI (Dewan Masjid Indonesia), Juleha (Juru Sembelih Hewan), Ikatan Dokter Hewan dari beberapa universitas terkemuka, berkomitmen memastikan bahwa pelaksanaan penyembelihan Hewan Qurban dapat memenuhi persyaratan teknis.

“Kami berahap pelaksanaan kurban tahun (red 2023) dapat berjalan dengan sukses, aman, lancar dan penuh keberkahan. Dan masyarakatpun dapat berkurban tanpa ada kekhawatiran serta mustahik yang menerima daging kurban qurban dapat mengkonsumsi dengan rasa aman,” imbuh, Edi.

Sebelumnya, Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan A. Sidabalok, menuturkan, tahun (red 2023) ini Sudin KPKP bersama seluruh stakeholder terkait menerjunkan ratusan orang yang bertugas untuk memeriksa hewan kurban di tempat pemotongan, tuturnya.

Penulis/Editor:Asep Sofyan Afandi

 

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru