Friday, July 19, 2024
BerandaKesehatanPemkot Jakpus Bersama Rumah Sakit Kampanyekan Promosi Kesehatan

Pemkot Jakpus Bersama Rumah Sakit Kampanyekan Promosi Kesehatan

progresifjaya.id, JAKARTA – Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) mengadakan Deklarasi dan Penggalangan Komitmen Bersama dalam Rangka Penatalaksanaan Promosi Kesehatan Tingkat Kota di Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta (PKRS) serta Pencanangan Komitmen Bersama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (19/6).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma secara langsung membuka kegiatan ini dengan dilaksanakannya penandatanganan Komitmen Bersama dalam Rangka Penatalaksanaan Promosi Kesehatan Tingkat Kota.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis bagaimana meningkatkan kualitas kesehatan sekaligus juga mencegah angka kesakitan dan risiko penyakit. Di Jakarta Pusat fasilitas kesehatannya juga cukup banyak, ada kurang lebih 67 faskes yang tersebar di setiap kecamatan dengan aksesibilitas layanan tipe A yang cukup banyak,” katanya, didampingi Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari.

Menurut Dhany, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat bersama pihak rumah sakit akan berkomitmen bersama untuk mengkampanyekan promosi tentang kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Sekarang kita ingin bangun komitmen bersama bahwa promosi kesehatan juga bisa dilaksanakan oleh fasilitas kesehatan yang bergerak di bidang Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP). Artinya rumah sakit juga sudah harus bisa mengkampanyekan promosi tentang kesehatan tidak hanya UKP-nya saja namun juga Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kasudinkes Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari menambahkan, pelaksanaan germas ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat individu, kelompok, dan untuk mempraktikkan pola hidup sehat sehari-hari.

“Saya laporkan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan yang sebelumnya kita sudah melaksanakan komitmen dengan Rutan Kelas 1 Salemba. Hari ini kita berkomitmen kembali kepada seluruh direktur rumah sakit baik pemerintah maupun swasta di Jakarta Pusat pelaksanaan germas ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat individu, kelompok, dan untuk mempraktikkan pola hidup sehat sehari-hari,” jelasnya.

Rismasari juga mengharapkan seluruh pihak agar dapat menjadi agent of change untuk pelaksanaan germas dalam rangka membentuk bangsa yang kuat dan Jakarta Pusat yang sehat.

“Saya mengajak kerja sama lintas program, lintas sektor, serta seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Saya berharap bapak/ibu direktur di sini bisa menjadi agent of change juga dalam Jakarta Berjaga (Bergerak, Bekerja, Berolahraga, dan Bahagia). Mudah-mudahan Jakarta Berjaga ini juga bisa dilaksanakan di perkantoran dan seluruh rumah sakit,” harapnya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan senam sehat bersama serta penandatangan Penggalangan Komitmen Penggerakan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Jakarta Global City. Tertulis ada tiga hal yang perlu dilaksanakan yaitu, melakukan aktivitas fisik atau senam peregangan jam 10.00 WIB dan 14.00 WIB, makan buah dan sayur setiap hari, serta melakukan cek kesehatan secara berkala.

Penulis/Editor Fari. K

Sumber: Kominfotik JP

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru