Monday, June 24, 2024
BerandaTNI/PolriPengalaman yang Berbicara

Pengalaman yang Berbicara

progresifjaya.id, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memberikan komentarnya usai kekalahan telak atas Australia 0-4 di babak 16 besar Piala Asia 2023 pada Minggu, 28 Januari 2024. Menurut Shin Tae-yong, anak asuhnya kalah pengalaman dari Australia di pertandingan kelas Piala Asia ini.

Maka dari itu Shin Tae-yong berharap kekalahan ini bisa dijadikan pengalaman yang positif bagi Timnas Indonesia. Jadi, harapannya, di laga yang akan datang apabila bertemu lagi, permainan Timnas Indonesia akan jauh lebih baik dari sekarang.

STY juga menilai performa Timnas Indonesia tidak begitu kalah dari Australia, bahkan bisa dibilang hampir bisa mengimbangi. Para peman Timnas Indonesia juga dipuji STY karena sudah mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Coach Shin dalam sesi konferensi pers pasca pertandingan di Stadium Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu 28 Januari 2024.

“Kami memang tidak kalah dalam konteks performa di lapangan, mereka (para pemain Indonesia) sudah bermain dengan bagus dan menjalankan instruksi saya dengan baik,” ujar STY.

“Tapi memang unsur pengalaman yang masih dibutuhkan dari pemain kita,” tuturnya menambahkan.

Bagi Shin Tae-yong, Timnas Indonesia kalah dari Australia dalam dua hal yakni level pengalaman dan juga konsentrasi di pertandingan. Tak dipungkiri oleh STY bahwa Australia dari segi pemain dan pelatihnya sudah mempunyai jam terbang yang lebih tinggi.

Maka dari itu Shin Tae-yong ingin ke depannya apabila bertemu Australia lagi, kekuatan Timnas Indonesia bisa lebih berkembang.

“Kami kalah karena level pengalaman dan konsentrasi. Kami mengakhiri pertandingan dengan tidak bagus, pemain dan pelatih Australia jelas punya pengalaman yang lebih banyak,” ungkap pelatih asal Korsel tersebut.

“Mungkin lain kali kami akan kembali bertemu mereka dengan kekuatan yang berbeda,” sambungnya.

Di dalam evaluasi pertandingan hari ini, Shin melihat bahwa gol bunuh diri yang dilakukan oleh Elkan Baggot di menit ke-12 sangat mempengaruhi semangat bertarung para pemain timnas.

Shin Tae-yong merasa sedih dengan kejadian tersebut karena gol tersebut menjadi gol pertama bagi Australia dan langsung berdampak pada kualitas permainan timnas.

Namun, meskipun mengalami ketidakberuntungan tersebut, Australia tetap mampu menunjukkan ketahanan yang luar biasa dengan lini pertahanan yang kuat.

Shin Tae-yong menyebut bahwa ada elemen gol yang tidak beruntung dari pemain kami. Mungkin jika kejadian itu tidak terjadi, permainan kami akan berbeda. Namun, dia tetap berterima kasih kepada para pemainnya dan merasa lega dengan penampilan mereka hari ini. Dia berharap bahwa tim ini akan semakin baik di kesempatan yang akan datang.

Coach Shin menyoroti pentingnya untuk tidak terlalu terbebani dengan kekalahan atau gol bunuh diri ini. Dia mengajak para pemainnya untuk melihatnya sebagai pengalaman belajar dan menggunakan momen ini untuk tumbuh dan berkembang sebagai timnas yang lebih kuat.

Dia ingin para pemainnya tetap menjaga semangat bertarung dan semangat juang, meski menghadapi rintangan atau kejadian yang tidak terduga seperti ini.

Dalam komentar terakhirnya, Shin berharap bahwa timnas kita akan terus bekerja keras, belajar dari pengalaman ini, dan tumbuh sebagai tim yang lebih baik.

Coach Shin berjanji untuk terus mendukung dan membimbing para pemainnya dalam mencapai potensi terbaik mereka. Dia percaya bahwa dengan semangat juang dan dedikasi, timnas ini dapat meraih keberhasilan di masa depan.

Australia Targetkan Juara

Australia melaju ke perempat final setelah mengalahkan Indonesia di 16 besar Piala Asia 2023. Socceroos menghajar Skuad garuda dengan telak 4-0 tanpa balas di Stadion Jassim bin Hamid, Minggu 28 Januari 2024.

Kemenangan pasukan Graham Arnold akan menghadapi Arab Saudi atau Republik Korea pada Jumat depan dengan pertaruhan satu tempat di semifinal. Saat tim Australia berupaya merebut gelar Piala Asia AFC kedua setelah sebelumnya menang di kandang sendiri pada tahun 2015.

Australia memimpin pada menit ke-12 setelah tembakan Irvine mengenai Elkan Baggott sebelum menggandakan keunggulan mereka di menit terakhir babak pertama ketika Boyle menerima umpan silang Gethin Jones dari kanan.

Craig Goodwin menambahkan gol ketiga satu menit sebelum pertandingan usai dengan tendangan voli yang tepat dan, kurang dari dua menit kemudian, Harry Souttar menyundul gol keempat Australia.

Susunan Pemain Australia vs Indonesia

Australia (4-3-3): 

Mathew Ryan, Gethin Jones, Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Riley McGree, Keanu Baccus, Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli, Jordan Bos

Pelatih Graham Arnold

Indonesia (5-4-1): 

Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Elkan Baggot, Jordi Amat, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri, Justin Hubner, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick

Pelatih Shin Tae-yong

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru