Monday, July 15, 2024
BerandaPendidikanPengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka Ziarah ke Makam Tokoh Pramuka

Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka Ziarah ke Makam Tokoh Pramuka

progresifjaya.id, MAJALENGKA – Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka melaksanakan ziarah ke makam tokoh-tokoh Pramuka di Majalengka, Jumat (11/8/2023).

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka Kak Drs. H. Eman Suherman, M.M., melalui Ketua Pelaksana Hari Pramuka ke-62 Tingkat Cabang Majalengka Kak Anto Irianto, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, ziarah ke makam tokoh Pramuka merupakan rangkaian Peringatan Hari Pramuka ke-62 tingkat Cabang Majalengka.

“Kami sangat menghargai jasa tokoh pramuka yang ada di Majalengka yang saat ini sudah meninggal dunia. Mereka semasa hidupnya membaktikan dirinya untuk mendidik dan membina generasi muda serta membangun masyarakat melalui gerakan pramuka. Mudah-mudahan semangat juang mereka dalam memajukan gerakan pramuka di Majalengka dapat diteladani dan diteruskan oleh generasi berikutnya,” ujarnya.

Lanjut Kak Anto, beberapa tokoh pramuka yang diziarahi di antaranya ke makam Kak Nana Jumhana, Kak Mustati, Kak Otong Sudarma dan tokoh pramuka lainnya.

Kegiatan ziarah diawali dengan prosesi upacara ziarah, dilanjutkan dengan doa bersama  dan tabur bunga. Prosesi ziarah dilaksanakan dengan tenang, khidmat, suasana haru mengenang jasa jasa almarhum dalam memajukan gerakan pramuka di Kabupaten Majalengka.

“Mudahan-mudahan tokoh pramuka yang sudah meninggal dunia diampuni dosa-dosanya, dilapangkan kuburnya, dan dimasukan ke surga-Nya, Aamiin. Banyak pahala kebaikan yang mereka lakukan semasa hidupnya untuk mendidik dan membina generasi muda serta membaktikan diri melalui gerakan pramuka,” tutur Kak Anto.

Turut hadir dalam ziarah tersebut unsur pimpinan Kwarcab Majalengka, andalan cabang dan anggota Dewan Kerja Cabang. Setelah melakukan ziarah dilanjutkan silaturahmi ke Tokoh Pramuka yang saat ini masih hidup yakni Kak Siti Aminah Kurdi (Amih Kurdi).

Suasana akrab terjalin erat saat silaturahmi di rumah Kak Amih Kurdi. Sambil mengenang saat saat beliau masih aktif berkegiatan pramuka. (Bram)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru