Saturday, July 13, 2024
BerandaNusantaraPenyambutan Jamaah Haji Kabupaten Lamandau Dipenuhi Tangis Haru dan Suka Cita

Penyambutan Jamaah Haji Kabupaten Lamandau Dipenuhi Tangis Haru dan Suka Cita

progresifjaya.id, NANGA BULIK – Suasana penuh haru dan kebahagiaan meliputi Masjid Baiturrahman di Jalan Batu Batanggui, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, pada Sabtu, 29 Juni 2026.

Ratusan orang memadati halaman masjid untuk menyambut kepulangan 40 jamaah haji Kabupaten Lamandau yang baru saja menyelesaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci Mekah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamandau, Muhamad Irwansyah, hadir dalam acara penyambutan ini dan menyampaikan rasa syukur serta kebanggaannya kepada para jamaah.

Dalam sambutannya, Sekda Irwansyah mengucapkan selamat atas kepulangan para jamaah ke tanah air dengan selamat dan sehat.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Lamandau mengucapkan selamat datang kembali kepada para jamaah haji Kabupaten Lamandau yang telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci dengan baik dan selamat. Kami bersyukur kepada Allah SWT, karena bapak dan ibu sekalian telah diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan ibadah haji serta kembali ke tanah air dengan selamat,” ujarnya.

Momen penyambutan ini tidak hanya menjadi ajang formalitas, tetapi juga dipenuhi dengan berbagai ekspresi emosional yang mendalam.

Tangis haru mewarnai setiap sudut halaman masjid ketika para jamaah haji bertemu kembali dengan keluarga mereka.

Banyak di antara mereka yang langsung memeluk erat keluarga dan kerabat yang sudah lama menanti kepulangan. Terlihat pula air mata bahagia yang mengalir di wajah para jamaah dan keluarga, menambah kehangatan suasana sore itu.

Di samping itu, suasana penyambutan juga diisi dengan lantunan takbir dan tahmid serta sholawat dari group hadrah yang bergema di luar masjid, menambah kekhidmatan acara.

Para jemaah yang mengenakan pakaian ihram tampak masih terbayang-bayang suasana spiritual yang mereka rasakan selama berada di tanah suci.

Beberapa jemaah bahkan tak kuasa menahan tangis saat menceritakan pengalaman mereka selama di Mekah dan Madinah, mulai dari prosesi thawaf, sa’i, hingga wukuf di Arafah yang penuh makna.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Lamandau juga menyampaikan harapannya agar para jamaah haji dapat menjadi teladan bagi masyarakat sekitar.

“Kami berharap, sekembalinya dari tanah suci, bapak dan ibu sekalian dapat menjadi pribadi yang lebih baik, serta dapat menularkan semangat kebajikan dan keikhlasan kepada lingkungan sekitar. Semoga pengalaman spiritual ini menjadi bekal berharga dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Acara penyambutan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu tokoh agama setempat, memohon keberkahan dan keselamatan bagi para jamaah haji yang telah kembali.

Para keluarga yang hadir pun tampak larut dalam suasana doa, mengharapkan keberkahan yang sama.

Dengan berakhirnya rangkaian acara penyambutan ini, diharapkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan semakin kuat di Kabupaten Lamandau.

Kepulangan para jamaah haji ini menjadi momentum berharga untuk mempererat tali silaturahmi dan menumbuhkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. (Firman Muliadi)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru