Monday, July 15, 2024
BerandaNusantaraPerayaan HUT RI ke-78 di Desa Sukamanah Rangkasbitung Tampilkan Berbagai Lomba

Perayaan HUT RI ke-78 di Desa Sukamanah Rangkasbitung Tampilkan Berbagai Lomba

progresifjaya.id, LEBAK – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun di Desa Sukamanah, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, meriah dengan menampilkan berbagai kegiatan lomba untuk menghibur masyarakat.

“Kita menyelenggarakan perlombaan lomba nasi tumpeng dan gerak jalan santai sepanjang 2 kilometer,” kata Kepala Desa Sukamanah Sukamanah Kabupaten Lebak, Aang Noh di lokasi kegiatan, Kamis (17/08/2023)

Penyelenggaraan kegiatan itu untuk memeriahkan HUT RI ke 78 tahun, sekaligus menjalin silaturahmi antarwarga juga meningkatkan persatuan dan semangat patriotisme nilai – nilai perjuangan bangsa.

Dimana para pejuang yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk merebut kemerdekaan RI.

Karena itu, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba untuk mengenang dan mengingatkan para pejuang agar masyarakat semangat dan tanpa kenal lelah dalam situasi panas yang begitu ekstrim dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan.

“Kami berharap melalui kegiatan lomba itu dapat membangkitkan semangat patriotisme dan memperkuat persatuan,” kata Aang.

Menurut dia, kegiatan lomba memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di wilayahnya melibatkan peserta 5 RW dan 19 RT.

Mereka peserta gerak jalan santai itu  memakai pakaian kostum yang unik, seperti laki-laki menggunakan pakaian daster perempuan yang hamil juga  memakai  kaos yang penuh darah  merupakan simbol perjuangan.

Selain itu juga kegiatan lomba tumpeng nasi yang menyajikan aneka makanan daerah di Indonesia serta dihias keunikannya. Sebab, Indonesia juga memiliki kekayaan   aneka makanan khas tersendiri.

Mereka para peserta yang meraih juara gerak jalan santai itu setelah dinilai oleh tim penilai dari unsur keunikan.

Sedangkan, kata Aang, untuk lomba nasi tumpeng dari unsur variasi rasa dan keunikan makanan khas daerah.

“Semua peserta yang meraih juara mendapatkan hadiah berupa alat-alat perabotan rumah tangga, termasuk kupon yang diundi diantaranya lemari es,TV, setrika, dan kipas angin,,” ujarnya.

Aang Noh mengatakan kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI sebagai momentum untuk mengisi berbagai pembangunan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apalagi, pemerintahan Desa Sukamanah kini telah melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan, gedung serbaguna dan ekonomi.

“Kami ingin kehidupan masyarakat di sini lebih sejahtera dan bisa menghapus kemiskinan ekstrem,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Lebak Medi Juanda menyebutkan pihaknya berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa Sukamanah dengan membangun betonisasi jalan desa sepanjang 1,5 kilometer melalui dana aspirasi dewan.

Saat ini, perguliran ekonomi masyarakat Desa Sukamanah relatif baik dan dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.

“Kami mengapresiasi menilai warga Desa Sukamanah yang antusias melaksanakan kegiatan HUT RI ke- 78 tahun serta diisi dengan aneka lomba,” kata Medi sebagai calon Dewan pada Pemilu 2024 dari Partai Nasdem. (R. Rencong)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru