Tuesday, June 25, 2024
BerandaBerita UtamaPercepat Penanganan Perkara, PN Jakpus Sosialisasi Aplikasi e-Berpadu

Percepat Penanganan Perkara, PN Jakpus Sosialisasi Aplikasi e-Berpadu

progresifjaya.id, JAKARTA – Dalam upaya mewujudkan peningkatkan kinerja percepatan penanganan perkara, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menggelar sosialisasi aplikasi sistem elektronik berkas pidana secara terpadu atau e-Berpadu melalui Forum Group Discussion (FGD), yang berlangsung di Aula PN Jakpus, Rabu (31/1/2024)

Humas PN Jakpus, Zulkifli Atjo SH., MH., mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja para hakim, Panitera Pengganti (PP) dan juru sita dalam penanganan perkara tindak pidana umum dan tindak pidana korupsi (Tipikor).

“e-Berpadu pada intinya memberikan kemudahan bagi hakim dan panitera dalam penyelesaian perkara pidana umum maupun tipikor,” ujarnya pada wartawan.

Dengan pemanfaatan teknologi, menurut Zulkifli akan mengefisiensikan masyarakat dalam mengakses informasi penanganan perkara pidana.

“Dengan teknologi informasi, masyarakat akan dengan cepat dan tepat mendapat informasi seputar penanganan perkara pidana. Hal ini tentunya akan memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada masyarakat pencari keadilan,” kata Zulkifli Atjo.

Sementara itu, Bustamin SH., MH., dari Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung (MA) selaku narasumber menerangkan aplikasi e-Berpadu akan terus mengalami pengembangan seiring berjalannya waktu. Sementara di sisi lain, proses memeriksa dan memutus perkara harus terus berjalan.

“Karena sangat diharapkan kolaborasi antara hakim, staf pengadilan, tim teknologi informasi dan semua pihak dalam proses revitalisasi implementasi aplikasi e-Berpadu dengan secara aktif memberikan masukan dan mencari solusi dalam hal terjadi kendala-kendala dalam aplikasi,” ujarnya.

Selanjutnya Riskiansyah SH., MH., juga dari Biro Hukum dan Humas MA mengatakan, bahwa monitoring dan evaluasi implementasi aplikasi e-Berpadu akan dilakukan setiap bulan. Pembinaan juga akan terus dilakukan guna memastikan para hakim, PP dan juru sita memahami penggunaan aplikasi e-Berpadu dengan efektif.

“Selain itu, pembinaan dan pelatihan akan dilakukan untuk memastikan hakim, panitera pengganti dan luru sita memahami perubahan yang terjadi dan dapat menggunakan aplikasi e-Berpadu dengan efektif.” imbuhnya,

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua PN Jakpus, Muhammad Arif Nuryanta SH., MH., dihadiri oleh Bustamin dan Riskiansyah dari Biro Hukum dan Humas MA sebagai narasumber serta seluruh Hakim, Panitera Pengganti (PP) dan juru sita pada PN Jakpus. (AT)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru