Saturday, June 15, 2024
BerandaBerita UtamaPeringatan Hari Gizi Nasional ke 64 Tahun 2024: Sekretaris Kota Jakarta Pusat...

Peringatan Hari Gizi Nasional ke 64 Tahun 2024: Sekretaris Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin Optimis Jakarta Pusat Dapat Tuntaskan Kasus Stunting

progresifjaya.id, JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Kesehatan menggelar Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke 64 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2024 dengan mengusung tema “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” dengan slogan MP-ASI Berkualitas Untuk Generasi Emas di Atrium Grand Pramuka Square Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav.49, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (28/2).

Peringatan Hari Gizi Nasional ke 64 tidak hanya sebatas seremonial, namun di kesempatan ini menjadi ajang penyebaran kesadaran akan pentingnya nutrisi bagi kesehatan masyarakat sebagai kunci untuk mencegah stunting .

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Kota Jakarta Pusat Dr. Rismasari menyampaikan, peringatan Hari Gizi Nasional ke 64 ini diisi dengan beragam kegiatan.

Seperti, lomba jingle oleh kader kesehatan, dialog interaktif oleh praktisi kesehatan serta bazar UMKM.

“Bahwa Hari Gizi Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 25Januari, dan tema pada tahun ini menekankan pada pentingnya protein hewani dalam
Makanan Pendamping ASI  (MP-ASI) untuk anak usia 6-23 bulan yang kaya akan protein hewani serta dilakukan pemantauan pertumbuhan anak setiap bulannya ketika kebutuhan gizinya mulai meningkat,” ujarnya.

Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin mengatakan optimistis dapat menuntaskan kasus stunting di tahun ini.

“Kami optimis dapat menuntaskan kasus kesehatan khususnya stunting di Jakarta Pusat dapat lebih baik lagi di kemudian hari,” katanya.

Hal ini, menurutnya, tentu menjadi modal yang kuat untuk bersama-sama secara masif maju dan inklusif untuk menuntaskan permasalahan kesehatan yang ada di Jakarta Pusat.

“Akan terus melakukan edukasi mengenai stunting dan memberikan pelatihan pembuatan MP-ASI kepada masyarakat dan akan dikomandani oleh Sudin Kesehatan Jakarta Pusat dengan mengajak Puskesmas Kecamatan, Puskesmas Kelurahan, Kelompok Posyandu, dan Dasawisma untuk sama-sama bersinergi meningkatkan pemahaman kesehatan serta pengolahan makanan untuk keluarga,” imbuhnya.

“Semoga para balita di Jakarta Pusat semakin sehat, energik, potensial dalam tumbuh kembangnya baik secara fisik maupun mental. MP-ASI kaya protein hewani dalam percepatan penurunan stunting,” tandasnya.

Penulis: Fari. K

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru