Saturday, July 13, 2024
BerandaLifeStylePeringati 1 Muharam, Pangkoopsud I : Jadikan sebagai Momentum Instrospeksi Diri

Peringati 1 Muharam, Pangkoopsud I : Jadikan sebagai Momentum Instrospeksi Diri

progresifjaya.id, JAKARTA – Memasuki Tahun Baru Islam 1446 H, Bintalid Koopsud I menggelar Peringatan 1 Muharam bertempat di masjid Darrussalam Makoopsud I, Rabu (10/7/2024).

Mengusung tema “Jadikan Semangat Muharam untuk Perubahan yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045”, peringatan 1 Muharam di Koopsud I dihadiri Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I Ny. Erin Mohammad Nurdin beserta pengurus, juga para pejabat Koops Udara I dan seluruh anggota baik militer serta PNS Koops Udara I yang beragama Islam, dengan menghadirkan Ustadz Dr. KH. Mulyadi Efendy, M.A.

Pangkoops Udara I dalam sambutan yang dibacakan Irkoopsud I Marsma TNI Arifaini Nur Dwiyanto, M.Han., mengatakan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah tidak hanya sebagai tradisi, namun hendaknya dijadikan momentum untuk instropeksi diri dan memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT.

Lebih lanjut Pangkoops Udara I mengatakan sesuai tema yang diusung, mengandung makna yang penting, yaitu menghadapi tuntutan tugas yang semakin tidak ringan, tentunya dibutuhkan personel berkualitas dengan sifat keteladanan yang baik, memiliki keimanan dan ketaqwaan juga semangat juang yang tinggi.

Sementara Ustadz Dr. KH. Mulyadi Efendy, M.A., dalam ceramahnya mengatakan, dalam memperingati Tahun Baru Islam dan menjadikannya sebagai momentum yang baik dalam berhijrah, harus dilaksanakan dengan kesungguhan hati dan tekad juga niat yang kuat dengan didasari karena Allah SWT.

Merupakan kesamaan dalam berhijrah untuk menjadi lebih baik, Ustadz Dr. KH. Mulyadi Efendy memetik surat Al Hajj ayat 32, dimana pergi berhaji bukan sekedar perjalanan fisik ke Mekkah namun juga merupakan sebuah perjalanan spiritual dan kepatuhan yang mendalam bagi umat Islam.

Dalam berhijrah dibutuhkan ketaqwaan dan keyakinan yang besar kepada Allah SWT, dengan melaksanakan segala perintah-Nya sebaiknya tidak dipertontonkan kepada orang lain sehingga menjadi riya.

Ceramah peringatan Tahun Baru Islam ditutup dengan mengutip surat Al-A’raf mengandung berbagai pelajaran penting tentang iman, akhirat, keadilan, ketakwaan, serta pengendalian diri dalam menghadapi godaan dan cobaan dunia. Ini adalah surat yang memberikan panduan bagi umat Islam untuk menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan kehendak dan ketentuan Allah SWT. (Ndy/Penkoopsud I)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru