progresifjaya.id, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya beberapa kereta api (KA) dampak dari KA 130A tersangkut kabel Listrik Aliran Atas (LAA) di jalur hulu DDT Jatinegara – Bekasi, Km 26+100 antara Cakung – Bekasi.
Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan bahwa akibat kejadian tersebut beberapa perjalanan KA Jarak Jauh terganggu.
Informasi sementara terdapat 8 KA terdampak, yaitu :
1. Plb 130A (Gumarang) Jalur III Stasiun Bekasi (Tidak preipal);
2. Ka 104 (Singasari) sinyal masuk J10 Stasiun Bekasi;
3. Ka 284 (Parcel Utara ) jalur VII Stasiun Jatinegara;
4. Ka 72 (Purwojaya) jalur III Stasiun Jatinegara;
5. Ka 70 (Taksaka) jalur II Stasiun Gambir;
6. Ka 136 (Bogowonto) jalur IV Stasiun Pasar Senen;
7. Ka 15 (A.Muria) jalur I Stasiun Tambun; dan
8. Plb 7045B ( Argo Parahyangan Tambahan) jalur IV Stasiun Cikarang.
“Atas kejadian tersebut KAI Daop 1 Jakarta memohon maaf kepada pelanggan kereta api yang terdampak oleh kejadian tersebut,” kata Ixfan dari Jakarta, 19 November 2024 malam.
KAI Daop 1 Jakarta segera melakukan evakuasi dan perbaikan kabel LAA yang tersangkut bagian atap kereta, dengan berkoordinasi pihak terkait (Dinas LAA).
“Pukul 21.09 LAA Hulu-Hilir Bekasi-Kranji di OFF kan guna penanganan gangguan oleh Dinas LAA,” lanjut Ixfan.
Ixfan menambahkan keterangannya, selanjutnya KA 130A Gumarang lepas 2 kereta bagian belakang yang tersangkut, agar KA Gumarang dapat melanjutkan perjalanan, 38 penumpang dari kereta yang dilepas dialihkan ke kereta di depannya.
KAI Daop 1 Jakarta (tim LAA) melakukan perbaikan dengan segera, sampai dengan rilis ini diterbitkan jalur hilir sudah dapat dilalui, tepatnya pukul 22.30 WIB. Dan KA pertama lewat yaitu KA 15 Argo Muria relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng.
Berdasarkan informasi di lapangan diduga telah terjadi pencurian terhadap kabel feeder baru yang kemudian dari ujung kabel yang dipotong tersebut mengarah ke jalur sehingga tersangkut atap KA 130A Gumarang.
“Untuk selanjutnya akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” pungkas Ixfan.
Informasi lebih lanjut terkait informasi perjalanan KA pada dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
Sumber: Humas Daop 1 Jakarta
Editor: Hendy