Saturday, June 15, 2024
BerandaBerita UtamaPj Gubernur DKI Jakarta: JIS Bisa Jadi Kandang Persija

Pj Gubernur DKI Jakarta: JIS Bisa Jadi Kandang Persija

progresifjaya.id, JAKARTA – JIS (Jakarta International Stadium) bisa menjadi kandang Persija. Pemprov DKI (Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota) mendukung Persija untuk dapat mengarungi musim Kompetisi ke depan dengan lebih baik.

Hal ini diungkapkan Pj (Penjabat) Gubernur Heru Budi Hartono dalam pertemuannya dengan perwakilan Persija Jakarta dan Ketua Jakmania, Diky Soemarno, Jum’at (7/7/2023).

“Pertemuan ini dalam rangka silaturahmi dan tentunya membahas sinergi, serta dukungan Pemprov DKI kepada Persija untuk dapat mengarungi musim depan dengan lebih baik,” tuturnya akun media sosial Instagram, @herubudihartono, Sabtu,(8/7/ 2023)

Dalam isi tulisa di media sosial Instagram, @herubudihartono, tidak hanya soal menjadikan JIS sebagai homebase Persija, menurutnya juga menuturkan  pertemuan tersebut membahas ihwal bagaimana Jakmania bisa menyaksikan pertandingan dengan aman dan nyaman.“Kami siap bersinergi untuk bersama-sama mendorong kemajuan Persija sebagai klub sepak bola kebanggaan Jakarta,” tuturnya.

Untuk diketahui, Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno menemui Heru Budi Hartono untuk meminta agar stadion berkapasitas 82 ribu penonton itu menjadi kandang atau home base Persija Jakarta.

“Enggak peduli sama urusan politik segala macam, kami lebih peduli gimana caranya biar Persija punya rumah di Jakarta,” kata dia saat ditemui di Pendopo Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, (7/7/2023).

Diky juga menyampaikan masukan perihal penyempurnaan fasilitas JIS, utamanya akses masuk termasuk The Jakmania mengusulkan agar Pemprov DKI membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) dan mengoptimalkan fungsi ramp timur JIS.

“Karena kultur kami masih menggunakan transportasi pribadi dan kendaraan bareng-bareng, rombongan, maka mereka butuh lahan parkir luas. Kami punya Ancol dan dari Ancol ke JIS putar jauh,” tuturnya.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji untuk membangun kandang baru Persija. Sebab, Stadion Lebak Bulus yang dulu dipakai sebagai kandang Persija telah beralih fungsi menjadi Depo MRT Lebak Bulus.

Istimewa

Sewaktu Anies masih menjabat gubernur, JIS tak kunjung menjadi kandang baru Persija karena masalah administrasi. Hingga kini, belum ada kejelasan soal itu.

Diky menagih lagi janji Pemprov DKI untuk menyediakan markas Persija di Ibu Kota. Dia tak ambil pusing dengan polemik renovasi JIS belakangan ini.

“Kami enggak terlalu peduli sama itu, tapi gimana caranya biar ada stadion milik Pemprov DKI Jakarta bisa digunakan, yuk gimana caranya kami dukung,” ujarnya.

Karena kultur kita masih menggunakan transportasi pribadi dan kendaraan bareng-bareng, rombongan, maka mereka butuh lahan parkir luas. Kita punya Ancol dan dari Ancol ke JIS putar jauh..

Usulan Diky sejalan dengan apa yang akan dikerjakan Pemprov DKI untuk proyek renovasi JIS. Pemprov DKI bakal membangun JPO di stasiun KRL sementara yang terintegrasi ke JIS.

Selain itu, pemerintah daerah juga berencana membangun pintu sisi timur JIS dekat Danau Cincin, Jakarta Utara. Pemerintah menganggap beberapa fasilitas JIS, semisal akses keluar-masuk dan rumput stadion, belum memenuhi standar FIFA untuk diusulkan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023, sehingga perlu direnovasi.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru