Monday, June 24, 2024
BerandaBerita UtamaPj Gubernur DKI Jakarta Lakukan Panen Cabai Serentak Di Buperta Jaktim

Pj Gubernur DKI Jakarta Lakukan Panen Cabai Serentak Di Buperta Jaktim

progresifjaya.id, JAKARTA – Pj (Penjabat) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono lakukan panen cabai serentak bersama Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan mitra kerja sama Pemprov DKI dalam hal pengembangan potensi daerah, Rabu (20/12/2023).

Warga salah satu wilayah di Jawa Barat Panen Cabai Rawit, Rabu (20/12/2023) (ist)

Di Jakarta, Pj Gubernur didampingi Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Suharini Eliawati, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Marulina Dewi, Kepala Biro Kepala Daerah Mawardi, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, serta Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta Mirdiyanti, lakukan panen bersama KTB (Kelompok Tani Pinggir Bumi), di Buperta (Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka) Cibubur, Cipayung, Jakarta Timur.

Saat berdiskusi dengan sesama kepala daerah, Pj. Gubernur Heru menyampaikan, upaya panen bersama ini dilakukan untuk memastikan harga cabai bisa dikendalikan. “Panen cabai serentak dilakukan di 345 lokasi, di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan volume sekitar 10,2 ton,” tutur, Heru.

Usai panen, Pj Gubernur lakukan kunjungan ke Pasar Induk Kramat Jati memantau harga cabai di Jakarta yang saat ini sudah mulai ada penurunan, dengan kisaran harga Rp 90.000 (Sembilan Puluh Ribua).

Dalamkeempatan itu,  Heru mengimbau kepada jajarannya di seluruh wilayah administratif agar terus bersinergi dalam menjaga stabilitas harga pangan, agar warga Jakarta bisa terjamin akan ketersediaan pangannya jelang Nataru (Natal dan Tahun Baru), himbaunya.

Di Jakarta Selatan Walikota Munjirin Panen Cabai Di Kebun Berseri Bintaro

Walikota Kota Adfministrasi Jakarta Selatan,Munjirin saat Penen Cabai di Kebun Berseri, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Rabu (20/12/2023) (ist)

Sementara itu, Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin lakukan panen cabai di Kebun Berseri, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan.

“Kegiatan panen juga dilakukan secara serentak di 28 lokasi berbeda di wilayah Jakarta Selatan, dalam rangka menstabilisasikan harga pangan di Jakarta,” tutur, Munjjirin.

Menurut Munjirin, sebanyak 250 kilogram cabai berhasil dipanen, dan hasilnya akan dijual kepaa warga yang ingin membeli baik secara langsung ataupun diantar ke rumah masing-masing.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin bersama TP.PKK, Kasudin KPKP(Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian) Hasudungan Siabalok, Asisten Perekonomian Pembangunan Mukhlisin, dan Lurah Bintaro Riza Fauzi menyempatkan Panen Buah Terong , Rabu (20/12/2023) (ist)

Dalam kesempatan itu, Walikota Munjirin didamping TP.PKK, Kasudin KPKP(Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian) Hasudungan Siabalok, Asisten Perekoniman dan Pembangunan Mukhlisin, dan Lurah Bintaro Riza Fauzi menyempatkan panen Kangkung, dan Terong.

“Ini adalah salah satu upaya untuk menekan laju inflasi di Jakarta dengan sebuah gerakan menanam yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu kita juga memberi pembinaan kepada masyarakat, agar setiap rumah dapat menanam sayur mayur di tengah kota atau dikenal sebagai urban farming,” imbuhnya.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru