Sunday, July 21, 2024
BerandaBerita UtamaPj Gubernur DKI Jakarta Tinjau Kegiatan Pengerukan Lumpur Kali Ciliwung

Pj Gubernur DKI Jakarta Tinjau Kegiatan Pengerukan Lumpur Kali Ciliwung

progresifjaya.id, JAKARTA – Seiring mulai akan tibanya musim penghujan yang kerap mengakibatkan banjir musiman di wilayah Jakarta, Pj (Penjabat) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama sejumlah pejabat terkait, lakukan peninjau kegiatan pengerukan lumpur Kali Ciliwung, di Jalan Inspeksi Kali Ciliwung, RT 003/RW 01 Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023).

Menurut Pj Gubernur, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan bulan pengerukan (Kali Ciliwung), kegiatan ini dilakukan sebagai langkah mengantisipasi banjir jika debit air hujan tinggi.

“Berhubung ini memasuki bulan pengerukan, kita terus berupaya mengurangi sedimentasi lumpur. Pak Sekda juga menyampaikan, minggu depan kita semua, termasuk ASN, akan melakukan kerja bakti,” Heru Budi.

Dalam kesempatan itu, Heru meminta seluruh peralatan dari Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta dikerahkan, baik itu personel maupun alat berat, agar proses pengerukan bisa dijalankan secara optimal.

Di sisi lain menurutnya, jika perlatan termasuk personil disiapkan dengan maksimal, DKI Jakarta juga semakin siap menghadapi potensi banjir genangan maupun kiriman dari luar wilayah ketika musim hujan tiba, tuturnya.

“Semua alat berat akan kita turunkan untuk mengatasi potensi banjir. Tadi Kadis SDA menyampaikan, hari ini di semua titik bergerak. Ada 240 unit alat berat, semuanya turun mengeruk kali, supaya bisa mengantisipasi banjir,” terangnya.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan

Sementara itu, Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin saat mendampingi Pj Gubernur dan sejumlah Pejabat menambahkan, di Jakarta Selatan, lokasi pengerukan lumpur juga akan dilakukan di sejumlah titik yang telah ditentukan.

“Selanjutnya kita akan melakukan pengerukan di kali-kali kecil seperti Kali Krukut dan Kali Mampang,” imbuhnya.

Penulis/Editor : Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru