Sunday, July 14, 2024
BerandaBerita UtamaPj Gubernur: Penarikan Dana KJP Dibatasi Tidak Bisa Ditarik Tunai Seutuhnya

Pj Gubernur: Penarikan Dana KJP Dibatasi Tidak Bisa Ditarik Tunai Seutuhnya

progresifjaya.id, JAKARTA,- KJP (Kartu Jakarta Pintar) merupakan dana bantuan tunai yang pertama kali diluncurkan oleh Mantan Gubernur Joko Widodo pada 2012 silam untuk membantu peserta didik yang kurang mampu agar tetap bisa bersekolah.

“Penarikan dana KJP (Kartu Jakarta Pintar) memang dibatasi agar tidak bisa ditarik tunai seutuhnya, dan hanya bisa ditarik tunai berapa Rp100 ribu atau Rp150 ribu. Sisanya silahkan buat beli sepatu, untuk beli tas dengan cara digesek,” ungkap  Pj (Penjabat) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, di Balai Kota, Jumat (28/7/2023)

Lebih lanjut Heru menuturkannya,  pembatasan tarik tunai itu bercermin pada kejadian yang pernah terjadi sebelumnya. Saat awal diluncurkan KJP bisa ditarik tunai seluruhnya dan justru disalahgunakan oleh orangtua peserta didik. Saat itu, Pemprov DKI menemukan banyak dana KJP justru digunakan orangtua peserta didik untuk keperluan pribadi yang tidak berkaitan dengan kebutuhan pendidikan.

“Karena nanti buat bayar cicilan, buat beli rokok. Jadi kita mencegah supaya tidak bisa. Kalau mau menggunakan, silahkan datang ke toko untuk beli sepatu, beli tas,” tandasnya.

Selain untuk membeli buku atau keperluan pendidikan lainnya, dana KJP juga bisa digunakan untuk membeli pangan murah yang disediakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta yang disediakan secara berkala di RPTRA, taman, rusun, hingga kantor kelurahan.

Besaran Dana KJP Plus Provinsi DKI Jakarta

  1. SD/MI Biaya Rutin: Rp135 Ribu/Bulan Biaya Berkala: Rp115 Ribu/Bulan Total Besaran Dana: Rp250 Ribu/Bulan Tambahan SPP untuk SD/MI Swasta 6 bulan: Rp130/Bulan.
  2. SMP/MTs Biaya Rutin: Rp185 Ribu/Bulan Biaya Berkala: Rp170 Ribu/Bulan Total Besaran Dana: Rp300 Ribu/Bulan Tambahan SPP untuk SMP/MTs Swasta 6 bulan: Rp170 Ribu/Bulan.
  3. SMA/MA Biaya Rutin: Rp235 Ribu/Bulan Biaya Berkala: Rp185 Ribu/Bulan Total Besaran Dana: Rp420 Ribu/Bulan Tambahan SPP untuk SD/MI Swasta 6 bulan: Rp290 Ribu/Bulan.
  4. SMK Biaya Rutin: Rp235 Ribu/Bulan Biaya Berkala: Rp215 Ribu/Bulan Total Besaran Dana: Rp450 Ribu/Bulan Tambahan SPP untuk SD/MI Swasta 6 bulan: Rp240 Ribu/Bulan
  5. PKBM Biaya Rutin: Rp185 Ribu/Bulan Biaya Berkala: Rp115 Ribu/Bulan Total Besaran Dana: Rp300 Ribu/Bulan

Untuk diketahui, penggunaan Biaya Rutin maksimal yang dapat digunakan secara tunai ialah Rp100 Ribu/Bulannya. Sisa Biaya Rutin dan Biaya Berkala dapat digunakan secara Nontunai untuk pemenuhan kebutuhan peserta didik.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru