Saturday, July 13, 2024
BerandaHukum & KriminalPolres Lebak Libatkan Bhabinkamtibmas Dukung Kedaulatan Pangan

Polres Lebak Libatkan Bhabinkamtibmas Dukung Kedaulatan Pangan

progresifjaya.id, LEBAK – Kepolisian Resort (Polres) Lebak melibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk mendukung kedaulatan  pangan dalam upaya memenuhi ketersediaan pangan masyarakat.

“Kita mendukung kedaulatan pangan untuk mewujudkan swasembada pangan,” kata Kapolres Lebak AKBP Suyono pada peringatan Hari Bhayangkara ke 78 di  Rangkasbitung, Lebak, Senin (1/7/2024)

Kepolisian komitmen untuk mendukung kedaulatan pangan dengan berbagai kegiatan  untuk menopang percepatan perekonomian guna untuk mempersiapkan generasi Emas.

Para petugas Bhabinkamtibmas di lapangan berinovasi untuk mendorong kedaulatan  pangan di antaranya dengan memberikan bantuan benih kepada kelompok – kelompok petani.

Selain itu juga petugas melakukan pengawalan pada bidang pertanian agar dapat meningkatkan produksi pangan.l

Pengawalan itu,kata dia, jika petani kesulitan dalam hal benih maupun pupuk, nantinya Bhabinkamtibmas melaporkan kepada instansi terkait untuk ditindaklanjuti.

“Kami bergerak cepat untuk menindaklanjuti jika kesulitan petani agar terpenuhi sarana produksi sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan,” sebutnya.

Menurut dia, saat ini, petugas Bhabinkamtibmas juga berhasil mengelola  pemanfaatan sampah menjadi pupuk kompos di Kecamatan Warunggunung.

Bahkan, mereka kelompok tani merasa terbantu dengan pupuk kompos tersebut untuk pertanian pangan.

Selain itu juga mereka petugas mengembangkan okulasi atau perkawinan silang berbagai benih hortikultura di Kecamatan Sobang.

Para petani di daerah itu tentu merasa terbantu dengan adanya okulasi benih unggul, seperti durian,rambutan dan mangga.

“Kami mendorong petugas Bhabinkamtibmas berinovasi untuk kedaulatan pangan dan mempercepat ekonomi masyarakat sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan,” ujar Suyono.

Ia, mengatakan, pihaknya juga mendukung pembangunan nasional dengan memberikan pengawalan kepada para investor agar kondusif.

Sebab, investor dapat menyerap lapangan pekerjaan masyarakat sehingga perlu pengawalan dan pengamanan.

Selain itu juga petugas mengendalikan inflasi dengan melakukan pemantauan harga bahan pokok di sejumlah pasar.

“Kami yakin jika ketersediaan pangan terpenuhi dan ekonomi baik sehingga terjamin keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya. (R. R)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru