Saturday, June 15, 2024
BerandaBerita UtamaPresiden Jokowi Pimpin Dua Pertemuan Terakhir KTT ke-42 Asean

Presiden Jokowi Pimpin Dua Pertemuan Terakhir KTT ke-42 Asean

progresifjaya.id, LABUAN BAJO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin dua dari tiga pertemuan yang digelar pada hari terakhir pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Asean 2023, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, pada Kamis (11/5/2023).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah menyampaikan informasi tersebut di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Hari ini merupakan hari kedua dan terakhir dari KTT ke-42 Asean di mana akan berlangsung tiga pertemuan,” katanya, pada Kamis (11/5/2023). Adapun dua pertemuan yang akan Presiden Jokowi pimpin tersebut antara lain  Sesi Retreat dan KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Sementara itu, satu pertemuan lainnya, yaitu Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA). Pertemuan akan dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim karena keketuaan BIMP-EAGA saat ini dipegang oleh Malaysia.

Ketiga pertemuan tersebut akan diselenggarakan di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi dalam pelaksanaan KTT ke-42 Asean 2023 telah memimpin lima pertemuan pada hari pertama.

Lima pertemuan itu antara lain: Opening and Plenary Session, Pertemuan Antarmuka Pemimpin Asean dengan Perwakilan Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin Asean dengan Perwakilan Pemuda Asean, Pertemuan Antarmuka Pemimpin Asean dengan Perwakilan Asean Business Advisory Council (Asean-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin Asean dengan High-Level Task Force on Asean Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Keseluruhan rangkaian KTT ke-42 Asean 2023, dihadiri 8 pemimpin negara Asean, Sekjen Asean, dan Perdana Menteri (PM) Timor Leste.  Rangkaian acara akan ditutup dengan Konferensi Pers yang dilakukan Presiden Jokowi di Media Center, Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, pada Kamis (11/5/2023). (Red)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru