Tuesday, June 25, 2024
BerandaBerita UtamaPresiden Jokowi Serahkan Sertifikat Dan Luncurkan Sertifikat Tanah Elektronik

Presiden Jokowi Serahkan Sertifikat Dan Luncurkan Sertifikat Tanah Elektronik

progresifjaya.id, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN),Hadi Tjahjanto, serahkan Sertifikat Tanah, dan lakukan Peluncurkan Sertifikat Tanah Elektronik, di Istana Negara, Senin (4/12/2023).

Dalam kesempatan itu, secara simbolis serahkan sertifikat tanah elektronik kepada 10 perwakilan penerima terdiri dari perorangan, dan enam asset Barang Milik Negara, dan Milik Daerah yang dilanjutkan dengan meluncurkan sertifikat tanah elektronik.

Presiden Jokowi serahkan Sertifikat Tanah Milik Pemerintah Daerah Kepada Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Senin (4/12/2023) (ist/Yutub ATR/BPN RI)

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada Siang ini saya serahkan dan luncurkan sertifikat tanah elektronik,” tutur, Jokowi dikutip dari siaran kanal Youtube Kementerian ATR/BPN.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, implementasi sertifikat tanah elektronik sangat penting bagi masyarakat. Mengurangi risiko kehilangan, pencurian, serta kerusakan akibat dari bencana.

“Dari sisi pemerintah, memudahkan untuk pengelolaan data, menghemat biaya transaksi, dan juga meningkatkan kerahasiaan dan keamanan data,”tuturnya.

Jokowi pun meminta Kementerian ATR/BPN bersama seluruh jajarannya di Indonesia untuk mensosialisasikan layanan sertifikat tanah elektronik kepada masyarakat.

“Tidak hanya di perkotaan, tapi juga sampai ke desa-desa di seluruh Indonesia. Beri informasi sejelas-jelasnya, sedetail-detailnya, agar masyarakat mengerti dan tidak bingung,”tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto melaporkan, penyerahan secara simbolis sertifikat tanah elektronik kepada 10 perwakilan penerima ini merupakan bagian dari total 2.550.800 sertifikat tanah.

“Terdiri dari tujuh orang penerima sertifikat perorangan, dan tiga orang penerima sertifikat aset Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik Daerah (BMD),”imbuhnya.

Di Balai Kota Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono serahkan Sertfikat Tanah, kepada 200 perwakilan warga. 

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono bersama para penerima Sertifikat Tanah, di Ruang Seribu Wajah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/12/2023) (ist)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono yang turut mengikuti acara Penyerahan Sertifikat Tanah dan Peluncuran Sertifikat Tanah secara daring serahkan Sertifikat kepada 200 perwakilan warga, dari 2.451 Sertifikat tanah milik warga yang selesai cetak, di Ruang Seribu Wajah, Balai Kota DKI Jakarta.

Penulis/Editor : Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru