Monday, June 24, 2024
BerandaBerita UtamaPresiden Lantik KPU Dan Bawaslu 2022-2027

Presiden Lantik KPU Dan Bawaslu 2022-2027

progresifjaya.id, JAKARTA – Presiden Joko “Jokowi” resmi melantik tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 di Istana Negara, yang ditayangkan secara langsung melalui YouTube Sekreriat Presiden, mulai pukul 13.35 WIB, Selasa (12/4/2022).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33/P Tahun 2022, tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota Komisi Pemilihan Umum. Sementara, untuk Bawaslu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 34/B Tahun 2022, tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum.

Usai dilantik KPU langsung lakukan rapat pleno dan memilih serta menetapkan, Hasyim Asy’ari sebagai Ketua KPU 2022-2027.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022-2027, Hasyim Asy’ari, menyampaikan beberapa pesan dalam pidato serah terima jabatannya di kantor KPU, Selasa (22/4/2022).

Hasyim mengatakan pihaknya bakal memulai jabatan tersebut dengan mengucap “bismillah” meminta ridho Allah SWT.

“Karena segala langkah kita harus dimulai dengan bismillah, memuji meminta berkah dari Allah SWT, supaya langkah-langkah kita dimudahkan,” kata Hasyim.

Dia menyinggung soal kewenangannya yang terbatas, karena jabatan yang diamanatkan kepadanya hanya bersifat sementara.

“Bahwa kita sesungguhnya berasal dari Tuhan dan suatu ketika akan kembali kepada Tuhan. Demikian kekuasaan, kewenangan, otoritas yang diberikan kepada kita semua ada batasnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, ia akan membangun KPU dari internal, dan memperbaiki KPU yang sudah dibangun generasi terdahulu. Pihaknya bakal mewarisi nilai-nilai KPU yang dianggap baik, dan melalukan pembaharuan bila diperlukan.

“Tidak ada sesuatu yang sudah dibangun oleh generasi sebelumnya kita tinggalkan, justru kita adopsi yang baik dan kita kembangkan untuk masa depan, dalam konteks kepemiluan adalah memperbaiki mekanisme tata kerja supaya pemilu kita tetap terjaga integritasnya,” tutur dia.

Sebagai informasi, ada tujuh komisioner KPU yang telah dilantik Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Hasyim adalah satu dari tujuh komisioner yang baru saja dilantik.

Enam komisioner KPU lainnya yang akan membantu Hasyim adalah Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Daftar nama tujuh anggota KPU yang dilantik :
Betty Epsilon Idroos
Hasyim Asy’ari
Mochammad Afifuddin
Parsadaan Harahap
Yulianto Sudrajat
Idham Holik
August Mellaz.

Rahmat Bagja Jabat Ketua Bawaslu.
Hal yang sama dilakukan Bawaslu dengan menetapkan Rahmat Bagja sebagai Ketua Bawaslu 2022-2027.

Lolly menjelaskan, dalam rapat pleno itu, Rahmat Bagja terpilih menjadi Ketua Bawaslu RI periode 2022-2027. Lolly menjelaskan, ada sejumlah tugas yang diamanahkan kepada Bagja.

“Hasil musyawarah, mufakat, kami menyepakati untuk Ketua Bawaslu Republik Indonesia akan diamanahkan kepada Bapak Rahmat Bagja. Bapak Rahmat bagja diamanahkan untuk proses kolektif kolegial proses kepemimpinan Bawaslu Republik Indonesia dapat berjalan sebaik-baiknya sebagai langkah memastikan pengawasan demokrasi kita kan mengalami kemajuan,” katanya.

Daftar nama  lima anggota Bawaslu yang dilantik:
Lolly Suhenty
Puadi
Rahmad Bagja
Totok Haryono.

Editor: Asep Sofyan Afandi.
Dari berbagai sumber.
Foto: Istimewa.

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru