Wednesday, May 29, 2024
BerandaHukum & KriminalPulang Mudik Tiba-Tiba STNK Diblokir, Berarti Surat Konfirmasi Tilang ETLE Diabaikan

Pulang Mudik Tiba-Tiba STNK Diblokir, Berarti Surat Konfirmasi Tilang ETLE Diabaikan

progresifjaya.id, JAKARTA – Pulang mudik Lebaran STNK tiba-tiba diblokir. Tak usah bingung. Itu artinya Anda mengabaikan surat konfirmasi tilang ETLE aturan ganjil genap saat Lebaran 2024 yang dikirimkan lewat Pos.

Seperti diketahui, di masa arus mudik dan balik kemarin polisi menerapkan aturan ganjil genap (GaGe). Pengendara yang melanggar tidak akan diberhentikan atau disuruh putar balik. Tetap masih bisa melaju. Tapi, ada kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang mengawasi dan merekam. Di sinilah si pelanggar kena sanksi.

Sejak pekan lalu kepolisian diketahui sudah mulai mengirimkan surat konfirmasi tilang kepada pelanggar GaGe periode libur Lebaran 2024. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengungkap surat konfirmasi tilang itu dikirim melalui PT Pos Indonesia ke alamat pengendara yang tertera di surat kendaraan.

Kalau Anda adalah salah satu pemilik kendaraan yang mendapat surat konfirmasi tilang tersebut, jangan dicuekin ya karena risikonya STNK akan diblokir.

Untuk mengonfirmasi surat tilang ETLE, pemilik kendaraan bisa melakukannya melalui laman ETLE atau datang langsung ke Posko Penegakan Hukum ETLE. Untuk proses konfirmasi ini, pemilik kendaraan diberi batas waktu sampai  8 hari sejak terjadinya pelanggaran. Jika tidak diurus maka otomatis STNK diblokir.

Nah sebaliknya jika konfirmasi sudah dilakukan, oetugas kepolisian akan menerbitkan surat tilang sekaligus metoda pembayaran lewat BRIVA untuk setiap pelanggaran yang telah terverifikasi untuk penegakan hukum.

“Jadi intinya, kalau 14 hari belum ada konfirmasi, STNK pasti akan kita blokir,” kata Kombes Pol Latif Usman beberapa waktu lalu.

Dalam catatan Ditlantas Polda Metro Jaya, selama mudik Lebaran 2024 ada 8.726 pelanggaran aturan GaGe di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Kalikangkung. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru