Thursday, May 30, 2024
BerandaOlahragaRakernas FKTI dan Januari Master Camp 2024 Dilaksanakan di Jakarta

Rakernas FKTI dan Januari Master Camp 2024 Dilaksanakan di Jakarta

progresifjaya.id, JAKARTA – Yayasan INKAI Karate-Do Tradisional bersama Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) dan Masyarakat Karate Tradisional (MKT) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) dan Januari Master Camp 2024 serta merayakan HUT ke-39 FKTI di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tanggal 24 – 28 Januari 2024.

Dalam sambutan acara pembukaan, Ketum Yayasan INKAI Karate-Do Tradisional, Sabeth Mukhsin yang diwakili Pembina Yayasan INKAI Karate-Do Tradisional, Sofyan Soemantri menyampaikan permohonan maaf atas tidak hadirnya Ketum Sinsei Sabeth Mukhsin untuk membuka rakernas.

“Walau karena kondisi kesehatan Sinsei Sabeth, kami tetap berkomunikasi  persiapan Rakernas bersama Kornas, Korda, dan Korcab. Beliau langsung menunjuk saya untuk membuka Rakernas,” kata Sofyan seraya menambahkan selalu sowan dengan Sinsei Sabeth melalui telpon melaporkan perkembangan kegiatan.

Sofyan menyampaikan alhamdullilah, karena Sinsei Sabeth selalu mengikuti perkembangan FKTI dan mengijinkan tempat untuk digelarnya Rakernas FKTI dan Januari Master Camp 2024.

“Ini patut kita syukuri, Sinsei Sabeth memberikan tempat ini bisa kita pakai untuk Rakernas,” kata Sofyan.

Pembina Yayasan INKAI Karate-Do Tradisional, Sofyan menyampaikan, agar acara Rakernas berjalan lancar, dan memanfaatkan waktu untuk menginventarisir segala permasalahan yang ada di Korda dan Korcab sebagi bahan pembahasan secara bersama-sama untuk saling bersinergi.

Ketua Panitia Pelaksana Rakernas FKTI tahun 2024, Aprizal mengatakan, dengan 3 lembaga yang ada di Karate tradisional yakni Yayasan INKAI Karate-Do Tradisional yang mewadahi, MKT dan FKTI yang beda dengan organisasi lain.

Karena INKAI Karate-Do Tradisional berupa yayasan mengikuti undang-undang bahwasanya yayasan boleh secara langsung melaksanakan kegiatan dan tujuan yang didirikan oleh Yayasan INKAI adalah untuk usaha bidang keilmuan Karate-Do Tradisional seperti halnya di sebuah perusahaan ada unit bisnis.

“Kalau di Yayasan INKAI ada kegiatan FKTI dan MKT dalam hal ini majelis keilmuan di Karate-Do Tradisional,” kata Aprizal.

Rakernas ini adalah acara bersama oleh Yayasan INKAI Karate-Do Tradisional, FKTI, dan MKT dengan tujuan supaya geraknya sama dalam menyongsong kemajuan dan kejayaan FKTI. Terkait dilaksanakannya Kongres Luar Biasa (KLB) yang tidak masuk dalam agenda Rakernas, kata Aprizal, awalnya KLB tidak ada direncanakan.

Namun, karena sifatnya urgen yakni pada malam sebelum Rakernas dilaksanakan tiba-tiba Ketua Umum PB Kornas mengundurkan diri pertanggal 23 Januari 2024.

Atas pengunduran diri Ketum FKTI periode 2021-2025 langsung disampaikan pada hari pertama Rakernas yang dihadiri seluruh Korda dan Korcab yang menjadi anggota FKTI dan karena sudah memenuhi quorum dan sah sesuai aturan, sepakat mengadakan KLB demi menghemat waktu untuk lebih efisien bagi peserta dari daerah.

“Dalam Rakernas, seluruh peserta dari Korda dan Korcab sepakat melaksanakan Kongres Luar Biasa, karena sudah memenuhi persyaratan sesuai aturan yang berlaku di FKTI,” kata Afrizal seraya menambahkan juga untuk menghemat waktu karena Korda dan Korcab akan kembali ke daerah masing-masing.

Dari hasil KLB oleh Korda dan Korcab, secara aklamasi calon tunggal memilih dr Hamid menjadi Ketum FKTI periode 2024 – 2029.

Hasil KLB langsung disampaikan kepada Ketua Yayasan INKAI Karate-Do Tradisional, Sinsei Sabeth Muchsin saat acara HUT ke-39 FKTI yang langsung dipimpin oleh Ketua Yayasan INKAI, dan sebagai penghormatan, Sinsei Sabeth memberikan kue HUT FKTI langsung kepada dr Hamid sebagai Ketua Umum FKTI terpilih.

Aprizal menambahkan, usai Rakernas dilanjutkan pembentukan tim formatur  untuk menyusun kepengurusan periode 2024 – 2029, dan dilanjutkan gashuku latihan bersama dilanjutkan ujian Dan IV keatas dan tanggal 28 Januari 2024 pelantikan pengurus FKTI peripde 2024 – 2029.

Sementara itu, dr Hamid Ketum FKTI terpilih mengatakan, bahwa langkah awal sejak dilantik akan melakukan konsolidasi secara internal guna membangun kembali kebersamaan untuk tetap solid, dan juga menginventarisir kegiatan-kegiatan Korda dan Korcab, sebagai contoh apakah sudah habis masa bakti kepengurusan untuk segera dilantik, sehingga program Korda dan Korcab dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Ke depan FKTI akan semakin solid dan maju, dan para atlit karate FKTI semakin banyak berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional. Mari kita satukan langkah untuk FKTI maju dan jaya,” kata Hamid.

Saat bergegas menuju Bandara Soekarno-Hatta usai Rakernas, Erwan, Pembina Korda Kalimantan Selatan kepada media ini menyampaikan, dengan kepengurusan yang baru ini, kedepan FKTI agar semakin maju, kompak, dan mengedepankan kebersamaan yang solid dengan harapan semakin banyak atlet karate FKTI mengukir prestasi.

“Bulan Juli tahun 2024 ini, Korda Kalsel akan mengadakan kejuaraan karate Piala Sabeth Muchsin ke-3 di Banjarmasin. Kami sudah buat program,” kata Erwan seraya menambahkan atlit karate asal Korda Kalsel telah mengharumkan nama Indonesia di luar negeri sebagai juara tingkat dunia.

Jurnalis/Editor: Benz

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru