Rabu, Februari 21, 2024
BerandaBerita UtamaRatusan Naarapidana Kanwilkumham DKI Jakarta Dapat Remisi Khusus Natal 2023

Ratusan Naarapidana Kanwilkumham DKI Jakarta Dapat Remisi Khusus Natal 2023

progresifjaya.id, JAKARTA – Sejumlah 764 narapidana Lapas (Lembaga pemasyarakatan) di bawah naungan Kanwilkumham (Kantor Wilayah Hukum dan) DKI Jakarta mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan Natal 2023.

Kepala Kanwilkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, mengatakan, narapidana yang mendapatkan remisi adalah mereka yang berkelakuan baik dan mengikuti program pembinaan sebagaimana dipersyaratkann, remisi  diberikan kepada narapidana dari berbagai kasus tindak pidana yang dibina Kanwilkumham DKI Jakarta dalam rangka perayaan Natal 2023, Senin (25/12/2023).

Menurutnya, dari jumlah 764, ada yang menerima remisi khusus (RK) I jumlahnya sebanyak 747 orang, dan mereka masih harus menjalani sisa pidananya lagi.. “Adapun RK I adalah pengurangan masa hukuman narapidana dalam jangka waktu tertentu pada hari besar keagamaan. Ssyaratnya, mereka sudah menjalani masa hukuman minimal enam bulan dan berkelakuan baik.” tutur, Kakanwil.

Ibnu menuturkan, nantinya, mereka akan mendapat pengurangan satu bulan masa tahanan, sesuai Undang-Undang Nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. “Kami berharap dengan pengurangan masa pidana ini akan dapat memacu semangat warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk mengikuti program pembinaan dengan baik,” ujarnya.

Belasan Napi Bebas

Ibnu menambahkan, dari 764 orang narapidana, terdapat 17 narapidana mendapatkan remisi khusus (RK) II atau dapat langsung bebas karena sudah selesai menjalani masa pidana hukumannya di lapas.

Dirinya berharap ke 17 narapidana yang kembali menghirup udara bebas dapat merubah perilakunya, sehingga bisa diterima kembali dengan baik di kehidupan bermasyarakat.

“Diharapkan dapat mengimplementasikan pembinaan-pembinaan yang didapat di Rutan dan Lapas,” ucap Ibnu. “Ini juga memotivasi warga binaan agar dapat dengan tekun mengikuti program pembinaan,” tutur, imbhunya.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru