Friday, July 19, 2024
BerandaBerita UtamaRibuan Personil Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Di KPU dan Gedung...

Ribuan Personil Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa Di KPU dan Gedung DPR/MPR RI

progresifjaya.id, JAKARTA – Ribuan personil gabugan Polri, dan TNI diterjunkan untuk mengamankan jalannya  aksi unjuk rasa, di sekitar KPU, DPR/MPR RI, Rabu (20/3/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo dalam pernyataan resminya mengatakan, seluruh personel pengamanan akan ditempatkan di sejumlah titik di Gedung KPU dan Gedung DPR/MPR. “Sejumlah 3.055 personel gabungan terbagi antara lain, sejumlah 1.910 personel berada di KPU dan 1.145 personel  di DPR/MPR,” tuturnya.

Menurutnya, selain itu polisi memberlakukan skema rekayasa lalu lintas berupa penutupan dan pengalihan arus sudah disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan. Namun hal tersebut  bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan.

“Jika diperlukan akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. Karena itu kami imbau masyarakat yang akan melintas di depan KPU RI dan juga DPR RI agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung KPU RI dan DPR/MPR RI,” tutur, Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres Susatyo juga mengimbau kepada para peserta aksi unjuk rasa siang ini untuk memperhatikan hak – hak masyarakat lain.

“Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya. Aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi,” dia menegaskan.

Tak lupa, Kapolres Susatyo juga berpesan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis.

Penulis : Bembo / Editor : Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru