Friday, July 19, 2024
BerandaOlahragaRonaldo, Akhir Karier Tanpa Gelar

Ronaldo, Akhir Karier Tanpa Gelar

progresifjaya.id, HAMBURG – Ronaldo sepertinya mengakhiri perjalanan panjang bersama timnas Portugal tanpa gelar. Memang  belum ada tanda untuk menutup kariernya bersama timnas.

Tapi di usianya yang menginjak 38 tahun sulit untuk bersaing sampai dua tahun ke depan di timnas Portugal.

Di Piala Eropa Euro 2024, Portugal Prancis tuntas di perempatfinal dari Prancis . Les Bleus melaju ke semifinal usai menang adu penalti 5-3, setelah berimbang 0-0 selama 120 menit.

Bertanding di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB, Portugal vs Prancis berjalan ketat. Kedua tim bertarung ketat di lapangan.

Portugal dan Prancis sama-sama kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing. Beberapa kali bisa dihadirkan, namun gol belum tercipta.

Ronaldo dan Mbappe, andalan masing-masing tim, belum mendapat momennya di babak pertama. Minimnya suplai bola membuat keduanya kesulitan mengancam.

Salah satu peluang didapat Prancis di menit ke-20. Theo Hernandez melepaskan shot dari luar kotak penalti, namun bisa diredam Diogo Costa.

Selebihnya, tak ada ancaman berarti. Serangan Portugal mudah dipatahkan Prancis, begitu juga sebaliknya.

Di menit akhir babak pertama, Portugal punya kans lewat tendangan bebas. Namun, Bruno Fernandes gagal mengarahkannya ke gawang Prancis. Skor 0-0 bertahan hingga istirahat.

Babak kedua berjalan, laga Portugal vs Prancis sempat masih alot. Namun, intensitas meningkat tak lama berselang

Jual beli ancaman mulai terjadi, diawali dengan upaya Kylian Mbappe yang diredam Diogo Costa. Upayanya masih bisa diantisipasi.

Kemudian, Portugal mengancam lewat Bruno Fernandes di menit ke-61. Peluangnya juga digagalkan barisan belakang Prancis.

Dua menit berselang, Vitinha nyaris membawa Portugal unggul. Lewat penetrasi Leao di sisi kiri, bola disodorkan ke Vitinha, yang merangsek ke kotak penalti. Bola langsung disambar, namun bisa ditepis Mike Maignan. Bola muntahnya juga tak mampu dimanfaatkan Cristiano Ronaldo usai sontekan backheel-nya juga dimentahkan Maignan

Prancis kemudian membalas lewat aksi Ousmane Dembele di menit ke-74, namun upayanya cuma kena tiang. Sampai akhirrnya, gol tak hadir hingga 90 menit, dan dilanjutkan ke babak tambahan.

Selama 30 menit masa tambahan, juga belum ada gol terrcipta. Portugal vs Prancis harus ditentukan dengan adu penalti.

Di babak tos-tosan itu, Prancis akhirnya menang dengan 5-3. Satu penendang Portugal, Joao Felix, gagal mengsekusi penalti, sementara semua eksekutor Prancis memasukkan bolanya ke gawang. Prancis unggul 5-3, dan melaju ke semifinal.

Di semifinal, Prancis akan melawan Spanyol. La Furia Roja sebelumnya menyingkirkan tuan rumah Jerman 2-1. Semifinal akan digelar mulai 10 Juli mendatang.

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa, Pepe, Ruben Dias, Nuno Mendes, Joao Cancelo (Nelson Semedo 74′), Bruno Fernandes (Francisco Conceicao 74′) Coenciao, Joao Palhinha (Ruben Neves 90+2, Vitinha (Matheus Nunes 119′), Bernardo Silva, Rafael Leao (Joao Felix 105′), Cristiano Ronaldo

Prancis: Mike Maignan, William Saliba, Dayot Upamecano, Theo Hernandez, Jules Kounde, Aurelien Tchouameni, Eduardo Camavinga (Youssouf Fofana 90′), N’Golo Kante, Randal Kolo Muani (Marcus Thuram 86′), Antoine Griezmann (Ousmane Dembele 67′), Kylian Mbappe (Bradley Barcola 105′)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru