Wednesday, June 19, 2024
BerandaBerita UtamaSebanyak 114 Calon Jamaah Haji Kabupaten Lebak Banten Terancam Batal Berangkat ke...

Sebanyak 114 Calon Jamaah Haji Kabupaten Lebak Banten Terancam Batal Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

progresifjaya.id, LEBAK – Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak, H. Baban Bahtiar menyampaikan sebanyak 114 calon jamaah haji di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terancam harus membatalkan keberangkatan mereka ke Tanah Suci Mekah tahun ini karena belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

“Semua calon jamaah yang belum melunasi BIPIH masih memiliki kesempatan untuk berangkat ke Tanah Suci pada tahun depan. Jumlah kuota Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Lebak untuk tahun 1445 H/2024 adalah 805 orang, terdiri dari 731 orang untuk tahap pertama dan 74 orang untuk tahap kedua,” ujar Baban, Senin (1/4/2024).

Dari total 805 jamaah tersebut, sebanyak 114 orang terancam batal berangkat karena belum melunasi BPIH, dengan alasan krisis ekonomi. Namun, sebanyak 691 jamaah atau 85,84 persen sudah melunasi BPIH dan dapat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah.

“Bagi 114 jamaah yang belum melunasi BPIH tahun 2024, mereka diharapkan dapat diberangkatkan pada tahun berikutnya setelah kondisi ekonomi membaik,” katanya.

Baban Bahtiar menjelaskan, mereka yang belum melunasi BPIH akan menjadi jamaah cadangan, dan diharapkan mereka dapat melunasi biaya tersebut sehingga dapat melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Pendaftaran haji dilakukan secara daring atau online dengan sistem komputerisasi terpadu, sehingga diharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini dapat berjalan lancar.

Salah seorang jamaah, Wulandari, yang berasal dari Rangkasbitungmenyatakan, dirinya sudah memastikan keberangkatannya ke Tanah Suci Mekah tahun ini karena telah melunasi BPIH.

“Saya berangkat sebagai jamaah calon haji pengganti orang tua yang telah meninggal dunia,” ujarnya. (R.R)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru