Tuesday, April 23, 2024
BerandaBerita UtamaSehari Paska Peringatan HPSN Sampah Hiasi Terminal Blok M

Sehari Paska Peringatan HPSN Sampah Hiasi Terminal Blok M

progresifaya.id, JAKARTA – Ironis upaya  Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan gencar melakukan pengelolaan sampah baik sampah organik maupun anorganik serta siap untuk lebih bersemangat dalam kolaborasi sebagaimana dikutip media online milik Sudin Kominfikaktif terkesan masih baru sebatas kata.

Pantauan langsung progresifjaya.id, Selasa (22/2/2022) nampak terlihat jelas,  secara kasat mata di sekitar area Terminal Blok M salah satu aset milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, sampah berbagai jenis berserakan di setiap sudut, mulai dari titikk pintu masuk hingga area titik penurunan penumpang Busway.

Sementara itu, satu hari sebelumnya, Senin (21/2/2022) saat HPSN  (Hari Peduli  Sampah Nasional), sebagaimana dikutip dari media online: jakarta.selatan.go.id yang dikelola Sudin Kominfotik Jakarta
<span;>Wallikoa iKota  Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin dalam paparannya menuturkan,  upaya tersebut salah satunya dikemas dalam berbagai kegiatan.

“Pengelolaan sampah yang rutin digelar di antaranya pemilahan terjadwal di lingkup Rukun Warga (RW), bank sampah, sedekah minyak jelantah, pengembangan black solder fly atau maggot, pembuatan ecoenzyme serta reuse dan recycle,” tutur,  Munjirin saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022 secara daring yang dibuka Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Senin (21/2/2022).

Lebih lanjut, dituturkannya,  bahwa Pemkot Jakarta Selatan juga berkolaborasi dengan tim Kaktus Indonesia dengan membuat aplikasi dalam pengelolaan sampah.
“Aplikasi berguna melacak sampah yang akan diolah melalui Tim Kaktus Indonesia dibawah binaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI),” papar Munjirin.

Dikatakan Munjirin, pihaknya juga melakukan pengembangan dashboard pemantauan untuk mengetahui keberhasilan pengelolaan sampah yang  terukur, terarah dan dilakukan perbaikan berkelanjutan. Sebagai bentuk implementasi tagline Kolaborasi Jakarta Sadar Sampah, Pemerintah Kota Jakarta Selatan juga menggandeng dan berkolaborasi aktif dengan berbagai pihak dalam pengelolaan sampah.

“Kolaborasi aktif dimulai dari wilayah yakni camat, lurah, RW dan RT, program  DUITIN atau  gerakan pemilahan sampah, Yayasan Rumah Sosial Kutub, Ecoenzyme Nusantara, badan usaha melalui Corporate Social Responsibility, akademisi, komunitas lingkungan, dan tentunya dari masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, upaya pengelolaan sampah yang gencar dilakukan di Jakarta Selatan telah membuahkan hasil di mana sejumlah wilayah meraih penghargaan selama tahun 2021. Penghargaan tersebut di antaranya, proklim utama di RW 09 Lenteng Agung, Jagakarsa dan RW 09 Lebak Bulus. Penghargaan Adiwiyata mandiri oleh SMPN 68 dan dua sekolah SDN 09 Tanjung Barat dan SD Strada meraih penghargaan Adiwiyata Nasional.

“Pada tahun 2022, Pemkot Jakarta Selatan siap untuk lebih bersemangat dalam kolaborasi aktif bersama masyarakat dan berbagai pihak untuk menciptakan Jakarta Selatan lebih bersih, indah, nyaman dan tertib untuk seluruh masyarakat,” tandasnya. (*)
Penulis/Editor : Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru