Friday, July 19, 2024
BerandaOlahragaSejarah Baru Timnas Indonesia Lolos Fase ke Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026...

Sejarah Baru Timnas Indonesia Lolos Fase ke Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

progresifjaya.id, JAKARTA – Presiden Jokowi bangga dengan kerja keras dari Timnas Indonesia saat melawan Filipina dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. Dengan kemenangan tersebut, Timnas Indonesia lolos fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jokowi mengatakan, ini merupakan sejarah baru untuk Timnas Indonesia.

“Ya saya kira seluruh masyarakat pecinta sepakbola senang semua karena lolos dan bisa masuk ke ronde 3 kualifikasi sistem FIFA yang baru. Ini adalah sebuah sejarah dan kita dengan sistem baru ini kita pertama masuk,” jelas dia.

Selain itu, kemenangan Indonesia atas Filipina mengantarkan skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2027. Oleh karenanya, Presiden mengapresiasi dan bersyukur karena Timnas mampu meraih level lebih tinggi.

“Ya semua kita syukuri, yang lolos, bisa masuk ke level yang lebih tinggi kita syukuri. Tapi saya melihat kerja keras, usaha keras dari para pemain tadi luar biasa,” kata dia.

Ketika ditanya siapa man of the match versinya, Jokowi mengatakan semua pemain tampil bagus.

“Semuanya baik, saya nggak (sebut) satu-satu,” tambahnya.

Inisiatif Menyerang

Untuk diketahui, Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 lewat gol yang dicetak Tom Haye dan Rizki Ridho. Hasil ini memastikan lolosnya Timnas Indonesia ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC.

Dalam laga ini, Shin Tae-yong langsung menurunkan Calvin Verdonk yang baru saja merampungkan proses naturalisasi. Sedangkan di pos gelandang, pelatih asal Korea Selatan itu menurunkan Marselino Ferdinan dan Thom Haye.

Timnas Indonesia yang butuh kemenangan cenderung mengambil inisiatif serangan ketika pertandingan dimulai. Hasilnya, Garuda sukses unggul melalui tembakan jarak jauh Thom Haye pada menit 33.

Skor 1-0 untuk Merah Putih bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia yang tampil sebagai tuan rumah kembali cenderung menekan kendati sudah unggul. Hasilnya, Rizky Ridho sukses menggandakan keunggulan pada menit 55. Ridho mencetak gol sundulan apik yang bersarang di sudut gawang Filipina.

Berawal dari situasi tendangan bebas di sudut luar kotak penalti Filipina, Nathan Tjoe-A-On melepaskan umpan lambung akurat ke depan tiang dekat. Umpan Nathan disambut Ridho yang sukses menanduk bola ke sudut gawang. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Filipina yang tertinggal dua gol berupaya membalas. Patrick Reichelt dan kawan-kawan pun beberapa kali mengancam gawang Ernando Ari. Tetapi, skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil ini membuat torehan poin Indonesia tidak mungkin dikejar Vietnam dan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC.

Sepanjang pertandingan, anak asuh Shin Tae-yong tampil lebih dominan dengan 54 persen penguasaan bola dan 20 tembakan, tujuh di antaranya tepat sasaran.

Sedangkan Filipina mencatatkan tujuh tembakan sepanjang laga, satu tepat sasaran.

Susunan pemain Timnas Indonesia vs Filipina

Timnas Indonesia: Ernando Ari (PG), Rizky Ridho, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Asnawi Mangkualam, Calvin Verdonk, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Marselino Ferdinan.

Filipina: Kevin Mendoza (PG), Zico Bailey, Michael Baldisimo, Dylan Demuynck, Kevin Ingreso, Alex Monis, Jesper Nyholm, Patirk Reichelt, Santiago Rublico, Adrian Ugelvik, Scott Woods. (Red)

 

 

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru