Monday, July 22, 2024
BerandaPendidikanSekitar 247 Siswa SMP Diterima di SMKN 1 Cipanas Lewat Jalur Afirmasi...

Sekitar 247 Siswa SMP Diterima di SMKN 1 Cipanas Lewat Jalur Afirmasi dan Prestasi

progresifjaya.id, CIANJUR – Dari 266 siswa sebanyak 247 siswa telah melakukan daftar ulang dan telah resmi diterima di SMKN 1 Cipanas melalui tahap 1 yaitu melalui jalur afirmasi.

Wakasek Sarana Prasarana SMKN 1 Cipanas Faisal Sandi menjelaskan calon pendaftar untuk proses PPDB online tahap 1 mencapai sekitar 266 orang melalui jalur afirmasi yakni merupakan siswa calon pendaftar berasal dari siswa yang tidak mampu dan jalur prestasi.

“Syarat pendafaran keluarga tidak mampu yakni dengan melampirkan, kartu PIP, PKH, dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sedangkan untuk siswa prestasi merupakan juara lomba minimal tingkat kabupaten dibuktikan dengan adanya sertifikat,” ungkapnya saat ditemui, Kamis.

Diakuinya, pembukaan pendaftaran melalui online sejak tanggal 8 sampai 12 Juni 2020, setelah itu dilanjurkan verifikasi administrasi tanggal 15 Juni -19 Juni. Dilanjutkan pengumuman tanggal 22 Juni, hingga proses daftar ulang tanggal 23 Juni – 24 Juni.

“Siswa yang ditemukan tidak lulus mereka bisa mengikuti gelombang dua pada tanggal 25-30 Juni,” ungkapnya. “Kami pun siapkan fasilitas komputer untuk para pendaftar sekolah baik siswa yang mendaftarkan secara individu maupun kolektif dapat menggunakan fasilitas komputer SMKN 1 Cipanas,” ungkapnya.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi merebaknya corona jelang memasuki tahun ajaran baru pihak sekolah sudah membuat 20 titik wastafel dan akan menambah kembali wastafel.

“Jadi ketika sudah mulai kegiatan belajar di sekolah sarana prasarana memadai. Saya berharap ke depan mudah – mudahan situasi darurat bisa berakhir dan kehidupan sosial pun normal kembali,” tukasnya.

Di lokasi yang sama, Iwan Eddy Irawan, SE, MM., selaku Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Cipanas menambahkan bahwa animo maayarakat terhadap minatnya melanjutkan pendidikan di SMKN 1 Cipanas masih sangat tinggi.

Hal ini terbukti banyaknya pendaftar yang berasal dari masyarakat lingkungan sekitar sekolah yakni di lingkungan Kecamatan Cipanas dan juga dari luar daerah. Mereka mendaftar melalui online di Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat oleh operator SMP ataupun perorangan. Dan pendaftaran tahap 2 ini akan berakhir tanggal 30 Juni 2020 sedangkan kelulusannya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2020.

Adapun awal masuk sekolah tahun ajaran baru direncanakan akan dilaksanakan sekitar pertengahan Juli 2020. “Namun demikian, hal ini masih dikaji secara serius terkait situasi covid di Indonesia masih belum stabil,” ungkapnya.

Penulis: Endang. S

Editor: Asep Sofyan

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru