Saturday, July 13, 2024
BerandaBerita UtamaSekretaris Kota Ali Murthado: Generasi Muda Harapan Bangsa Perlu Memahami Pancasila Sebagai...

Sekretaris Kota Ali Murthado: Generasi Muda Harapan Bangsa Perlu Memahami Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

progresifjaya.id, JAKARTA – Pelajar merupakan salah satu elemen generasi muda harapan bangsa, di pundak generasi muda keberlanjutan pembangunan masa depan bangsa berada. “Sebagai generasi muda harapan bangsa sudah selayaknya memahami Pancasila sebagai Ideologi Bangsa ”.

Hal ini diungkapkan, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ali Murthadho pada kegiatan Peningkatan Pemahaman Ideologi Bangsa yang diikuti ratusan pelajar tingkat SMA/SMK sederajat gelaran Suban Kesbangpol (Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Jakarta Selatan yang berlangsung, di Ruang Rapat Nusantara, Lt 6, Blok A, Komplek Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2024).

Menurutnya, kegiatan Peningkatan Pemahaman Ideologi Bangsa kepada para pelajar merupakan langkah edukasi penuh arti dalam upaya membangun karakter anak bangsa berjiwa Pancasila.

“Kita berharap Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara bisa tertanam dengan baik dalam diri pelajar. Sehingga, perilaku dan pemikiran negatif dapat dijauhkan sejak dini,”tutur, Ali Murthado.

Lebih lanjut Ali menuturkan,  jika mengambil perspektif pemikiran generasi muda, Pancasila pasti akan dilihat dari nilai guna dan manfaatnya bagi kehidupan. “Aktualisasi Pancasila jelas membutuhkan cara-cara dan metode berbeda agar mudah tersampaikan,” tuturnya.

Disisi lain dituturkannya, secara lini waktu, generasi milenial dan generasi Z akan menduduki posisi kepemimpinan saat Indonesia Emas tahun 2045, sekaligus menjadi pilar kebangkitan bangsa seiring bonus demografi tahun 2030.

“Kita harus optimistis generasi muda ke depan dapat menjalankan dan menerjemahkan Pancasila sebagai pedoman bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara seperti halnya telah dicontohkan oleh leluhur dan para pemimpin bangsa,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Badan Kesbangpol Jakarta Selatan, Dirhamul Nugraha menuturkan, pendidikan Pancasila sangat penting bagi generasi muda, tidak hanya untuk mengajarkan anak-anak muda, kegiatan ini juga untuk membuat mereka patuh dan taat kepada negara, serta dapat menerapkan toleransi dan kemandirian.

Dirham berharap, para peserta usai mengikuti kegiatan dapat menyebarluaskan kepada teman di lingkungan sekolah termasuk di lingkunga keluarga  maupun lingkugan sekitar.

Sekedar informasi, kegiatan Peningkatan Pemahaman Ideologi Bangsa yang diikuti sekitar 250 pelajar SMA/SMK se Jakarta Selatan dilangsungkan secara online dan ofline.

Penulis/Editor: Asep Sofyan Afandi

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru