Friday, July 19, 2024
BerandaHukum & KriminalSelaraskan Kemeriahan 2 Momentum, IKDB 1990 Gelar Baksos dan Bakes di 2...

Selaraskan Kemeriahan 2 Momentum, IKDB 1990 Gelar Baksos dan Bakes di 2 Desa Jasinga

progresifjaya.id, BOGOR – Ikatan Keluarga Dhira Brata (IKDB 1990) membuat gebrakan aksi yang selaras dengan atmosfer kemegahan dan kemeriahan HUT ke-78 Bhayangkara. Momentum sakral 78 tahun Bhayangkara dipadukan dengan kesetian janji pengabdian Batalyon Dhira Brata Akpol 1990 yang tahun ini genap berusia 34 tahun.

Memadukan kemeriahan dan kemegahan dari kedua momentum ini, IKDB 1990 pun menyelaraskannya dengan kegiatan bakti sosial (baksos) dan bakti kesehatan (bakes) di dua lokasi. Kedua lokasi itu adalah Desa Cikopomayak dan Desa Neglasari, Jasinga, Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 1.500 paket sembako diberikan buat warga di kedua desa ini yang juga mendapat pelayanan kesehatan gratis.

Selain sembako dan layanan kesehatan gratis, IKDB 1990 juga mengucurkan bantuan dana untuk melakukan renovasi masjid di lokasi. Juga turut diberikan beasiswa pendidikan untuk tingkat SD, SMP dan SMA. Bukan cuma itu. Juga dilakukan penanaman bibit pohon untuk kelestarian dan keseimbangan alam di lahan milik Polri yang ada di Jasinga, Bogor, Jawa Barat.

Ketua Ikatan Keluarga Dhira Brata (IKDB 90), Irjen Pol Eddy Hartono dalam pernyataan resminya mengatakan, kegiatan sosial ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri dan juga IKDB 90 untuk meringankan warga yang benar-benar membutuhkan.

“Kita rutin melaksanakan kegiatan sosial ini. Di hari jadi IKDB 90 ini, kami lakukan bersamaan dengan memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun di Jasinga, Kabupaten Bogor ini. Kami berharap warga yang menerimanya dapat merasakan manfaatnya,” kata Irjen Pol Eddy Hartono, Kamis, (27/6).

“Kegiatan ini juga dilakukan teman-teman IKDB 90 di beberapa wilayah secara serentak. Dan kami senang melihat warga sangat antusias dan bersukur bisa membantu meringankannya,” dia menambahkan.

Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen Pol R.Z. Panca Putra Simanjuntak yang juga lulusan Akpol tahun 1990 turut menambahkan, kegiatan sosial yang dilakukan Polri dan IKDB 90 ini merupakan bentuk positif yang punya impak  luas untuk masyarakat.

“Kegiatan sosial ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan selalu rutin dilakukan. Kita berharap masyarakat merasakan manfaatnya,” ujar mantan Kapolda Sumut ini.

Tampak hadir juga pada kegiatan sosial ini Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri, Irjen Pol Mulia Hasudungan Ritonga dan Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol Mohammad Yassin Kosasih.

Masyarakat Jasinga sendiri mengakui kegiatan baksos IKDB 90 yang bersamaan dengan Hari Bhayangkara ke-78 tahun ini sangat bermanfaat dan juga sangat berkesan. Warga Jasinga bernama  Asep misalnya mengatakan, dia sengaja datang ke lokasi kegiatan untuk mengecek kesehatan. Dia mengaku sering merasa kesemutan di bagian kakinya.

“Mumpung gratis, langsung saya cek semuanya. Kan, suka kesemutan. Jadi tadi dikontrol semua. Bersukur baik-baik aja, dikasih obat gratis sama petugas. Dapat sembako juga. Ini benar-benar kegiatan yang sangat bermanfaat  dan berkesan untuk saya dan warga lainnya. Makanya ramai banget, kan yang datang,” ujarnya.

Pengakuan serupa juga diungkapkan oleh warga Jasingan bernama Sapiah. “Cek kesehatan, Alhamdulillah sehat gak kurang apapun. Sembako-nya juga sangat membantu sekali untuk keluarga di rumah. Kalau saya bilang, kegiatan semacam ini bagusnya diteruskan. Benar-benar ngerasain betul manfaatnya buat kami, ya. Ngeringanin beban kami,” paparnya dengan raut gembira. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru