Wednesday, May 29, 2024
BerandaHukum & KriminalSeluruh Rangkaian Pilpres 2024 Berakhir Aman, Kapolda Metro Kini Bisa Bernapas Lega

Seluruh Rangkaian Pilpres 2024 Berakhir Aman, Kapolda Metro Kini Bisa Bernapas Lega

progresifjaya.id, JAKARTA – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto benar-benar bisa bernapas lega sekarang. Perjuangan panjang dan berat penuh tanggung jawab untuk mengamankan Jakarta dan wilayah penyanggahnya selama rangkaian proses Pemilu dan Pilpres usai sudah. Ketok palu hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak semua gugatan Pilpres Anies dan Ganjar, Senin, (22/4) kemarin bak bunyi peluit panjang dari wasit penanda game over.

Menandai berakhirnya seluruh rangkaian ini, Kapolda Karyoto pun mengucap rasa syukur karena semua aksi unjuk di kawasan Monas dan Patung Kuds bisa berakhir tertib.

“Bersyukur semuanya aman dan tertib. Terima kasih  kepada para pengunjuk rasa yang sudah bisa mengendalikan diri dengan baik. Hanya masalah bakar-bakar itu kita anggap ya kecillah karena tidak terlalu berbahaya,” ujar saat melakukan pengecekan aksi di Monas kemarin.

Dikatakannya, seluruh masyarakat Indonesia sudah menyaksikan hasil putusan sengketa Pilpres kemarin. Semuanya sudah jelas dan bisa dipahami bersama. Karena itu, dirinya berharap ke depan tak akan ada lagi aksi seperti ini.

“Kita sama-sama tahu, menyaksikan dari pagi sampai sore, unjuk rasa menanti putusan sengketa Pilpres. Ya hasilnya sudah jelas masyarakat Indonesia semua tahu dan juga cerdas untuk memahami,” ujarnya lagi.

“Pasangan calon (paslon) nomor satu dan tiga pun sudah mengucapkan selamat. Artinya beliau menerima. Mudah-mudahan ini menjadi modal ke depan tidak ada lagi sengketa-sengketa. Fokus kembali melanjutkan pembangunan Indonesia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kapolda Karyoto juga meminta maaf kepada masyarakat karena akibat aksi tersebut membuat aktivitas menjadi terganggu. Penerapan rekayasa lalu lintas berupa penutupan ruas jalan dan pengalihan arus akibat unjuk rasa membuat banyak masyarakat mengalami over time di jalanan karena harus mutar-mutar.

“Yang penting masyarakat bisa sabar menunggu saat ruas jalan kembali dibuka. Karena untuk buka butuh alat untuk membuka barikade yang dipasang. Dan Alhamdulillah semuanya berjalan aman dan lancar hingga akhir kemarin. Sekali lagi terima kasih untuk masyarakat atas kesabaran dan pengertiannya terhadap tugas kami dari kepolisian,” kata Kapolda Karyoto mengakhiri pernyataannya dengan penuh kelegaan. (Bembo)

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru