Sunday, July 21, 2024
BerandaBerita UtamaSemangat Generasi Muda Indonesia Jangan Surut di Tengah Pademi Covid - 19

Semangat Generasi Muda Indonesia Jangan Surut di Tengah Pademi Covid – 19

Oleh : Asep Sofyan Afandi

Semangat Sumpah Pemuda yang dikumandangkan 92 tahun lalu merupakan tonggak sejarah bangsa Indonesia atas tanggungjawab dari keberadaan kaum muda dalam memperjuangkan cita-cita luhur mempersatukan kaum muda dari berbagai Suku Bangsa, Bahasa, dan Agama.

Keberadaan kaum muda dalam Kongres Pemuda II berlangsung selama dua hari, dari 27 – 28 Oktober 1928 di Batavia (saat ini Jakarta) meupakan bukti untuk bisa melahirkan jati diri bangsa Indonesia, sejak itu pula setiap 28 Oktober di seluruh pelosok negeri memberi penghormatan atas peristiwa sejarah penuh arti bagi kehidupan berbangsa dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 saat ini serasa berbeda, diwarnai keperihatinan sesama anak bangsa, seiring munculnya Pandemi Covid 19 (Coronavirus disease 2019), seiring itu pula Generasi Muda Indonesia harapan bangsa harus terus bangkit, jangan patah semangat, terus tumbuhkan persatuan, dan kesatuan demi keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).   

Eksistensi tanpa isi tentu kurang menjiwai, sehingga tak hanya melaksanakan seremoni upacara belaka yang paling penting mampu memaknai sekaligus mengaktualuisasikannya dalam jiwa dan nurani hidup kehidupan, lewat berbagai karya nyata.

Makna Sumpah Pemuda menyimpan peristiwa sejarah bangsa Indonesia yang perlu diingat untuk mengenang betapa besar perjuangan para pendahulu kita.

Sumpah Pemuda lahir dalam Kongres Pemuda II yang diselenggarakan selama dua hari di Batavia pada tahun 1928. Hari pertama tanggal 27 Oktober 1928, kongres bertempat di Gedung Pemuda Katolik. Kemudian hari kedua diselenggarakan di Gedung Oost Java atau sekarang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Kongres Pemuda diadakan karena pada Kongres Pemuda I belum menghasilkan apa-apa. Sehingga dalam Kongres Pemuda II ini para pemuda bertujuan untuk mewujudkan cita-cita semua perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia.

Kemudian tujuan kedua yaitu membicarakan masalah pergerakan pemuda Indonesia. Tujuan ketiga adalah untuk memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Kongres Pemuda II dihadiri oleh berbagai perkumpulan pemuda di Indonesia, seperti Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Sekar Rukun, dan Pemuda Kaum Betawi.

Tak hanya itu, Kongres Pemuda II ini juga dihadiri oleh para pemuda etnis Tionghoa di Indonesia, dan masih banyak lagi perkumpulan pemuda yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Dari Kongres Pemuda II inilah, lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan oleh Dolly Salim (putri Haji Agus Salim) yang diiringi musik biola oleh Wage Rudolf Supratman.

Makna Sumpah Pemuda dalam hal ini adalah perjuangan menyatukan keberagaman kelompok menjadi satu, yaitu sesama bangsa Indonesia.

Peristiwa Kongres Pemuda II yang berlangsung pada 27 hingga 28 Oktober 1928 di Batavia itu menghasilkan rumusan Sumpah Pemuda setelah melalui proses panjang.

Sumpah Pemuda

Satu, kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia.

Dua, kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.

Tiga, kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Makna Sumpah Pemuda yang pertama adalah menyatukan perjuangan bangsa Indonesia. Perjuangan para pemuda berakhir dengan perolehan kemerdekaan bangsa.

Saat itu para pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, harta, pikiran, dan jiwanya untuk menyatukan bangsa Indonesia.

Tanpa adanya pengorbanan para pemuda ketika itu mungkin saja Indonesia tidak bisa mencapai persatuan untuk melawan penjajah. Para pemuda dan pemudi Indonesia saat itu telah berhasil mewujudkan persatuan dan keutuhan NKRI.

Makna Sumpah Pemuda yang kedua adalah memaknainya sebagai rasa cinta terhadap tanah air. Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang mana melibatkan pengorbanan jiwa dan harta benda rakyat.

Sumpah Pemuda menyumbang besar pada gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta yang besar para pemuda kepada tanah air. Termasuk mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku.

Mendorong Semangat Juang Generasi Muda

Dalam rumusan Sumpah Pemuda akan kamu temukan betapa gelora semangat para pemuda berkobar untuk menciptakan kesatuan dan persatuan. 

Semangat juang dalam isi Sumpah Pemuda bisa menjadi contoh nyata bagi generasi muda saat ini untuk mengambil langkah dalam mengisi kemerdekaan.

Pemberian makna yang dalam terhadap Sumpah Pemuda akan menumbuhkan semangat juang mendapatkan suatu pencapaian tertentu.

Makna Sumpah Pemuda yang bisa diambil adalah semangat terus berkobar sekalipun banyak rintangan seperti yang dilakukan para pemuda generasi terdahulu.

Menekankan Rasa Bangga akan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa. Masyarakat Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia sebagai komunikasi universal dalam negara. Inilah makna Sumpah Pemuda yang juga perlu dipahami.

Karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang tercantum dalam Undang Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 36.

Kebanggaan akan Bahasa Indonesia perlu ditekankan, terlebih saat Indonesia mulai tergeser karena modifikasi bahasa asing.

Menumbuhkan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia

Sejak Sumpah Pemuda diikrarkan, kebanggan terlihat jelas pada segenap pemuda perumusnya. Makna Sumpah Pemuda terlihat jelas dalam setiap kalimat yang mengandung semangat juang dan rasa bangga atas menjadi bangsa Indonesia.

Hal itu tentu juga harus dilakukan oleh para generasi muda sekarang bagaimana mencintai negaranya melebihi yang lain.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan beragam budayanya. Kekayaan inilah yang seharusnya dijadikan para generasi muda sekarang untuk melestarikan dan bangga menjadi bangsa Indonesia.

Ajakan untuk Menjaga Keutuhan Bangsa Indonesia

Makna Sumpah Pemuda selanjutnya adalah sebagai ajakan untuk menjaga keutuhan bangsa. Ini merupakan hal yang harus dilakukan oleh seluruh rakyat Indonesia. Makna Sumpah Pemuda harus ditanamkan kepada para generasu muda Indonesia sejak dini melalu pelajaran sejarah dan pendidikan kewarganeraan.

Pengenalan sejak dini tersebut bertujuan untuk menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotism bagi generasi muda. Sebab perkembangan teknologi saat ini cukup pesat sehingga berpengaruh pada pola pikir generasi muda.

Bahkan rasa nasionalisme juga sudah mulai terkikis. Apabila tidak dihadapi dengan bijak generasi muda akan kehilangan jiwanya sebagai bangsa Indonesia. Lebih buruknya, mereka akan melupakan sejarah bangsanya sendiri. Semoga Bermanfaat (Dari berbagai sumber)***

Artikel Terkait

Berita Populer

komentar terbaru